Dankodiklatal Beri Apresiasi Universitas Airlangga dalam Penanganan Covid-19

by Mei 8, 2020

Surabaya, paradigmaindonesia.com-  Dalam rangka memberikan semangat dan apresiasi kepada Universitas Airlangga dalam penangan Covid-19, Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Laksda TNI Nurhidayat mengadakan kunjungan kehormatan ke Rektor Universitas Airlangga Prof. Dr. Muhammad Nasih, S.E., M.T.,AK. di Gedung Rektorat Universitas Airlangga Campus “C” Surabaya, Rabu (06/05).

Selain pemberian apresiasi, dalam kunjungan tersebut juga dilaksanakan penyerahan secara simbolis bantuan bahan kontak dari Kodiklatal kepada Universitas Airlangga berupa vitamin, baju APD dan masker untuk digunakan oleh para dokter beserta para tenaga medis juga para tim ahli.

Dalam kunjungan kerja tersebut Dankodiklatal didampingi oleh Direktur Umum Kodiklatal Laksma TNI Rubiyanto, S.E., M.M., CHRMP, Komandan Kodikdukum Kolonel Laut (E) Gunawan Tri Atmojo, S.T., M.A.P, dan Komandan Satgas Penanggulangan Covid- 19 Kodiklatal yang juga Komandan Pusdikkes Kolonel Laut (K) drg. Ketut Triwanto, Sp. Ort.

Sementara itu, Rektor didampingi oleh seluruh staf ahlinya, khususnya para ahli yang terlibat dalam penelitian vaksin Covid-19. Saat ini, mereka sedang berjuang keras melaksanakan penelitian untuk menemukan vaksin dan obat Covid-19 agar pandemi Covid-19 dapat segera diatasi.

Dalam sambutannya, Rektor Unair mengatakan bahwa saat ini Unair sedang melaksanakan tiga kegiatan penting terkait dengan Covid-19, yaitu : penanganan pasien Covid-19 oleh Rumah Sakit Universitas Airlangga, melakukan proses pengujian atau tes swap, dan yang terakhir adalah melakukan proses penelitian dan pengembangan sehingga akan ditemukan vaksin dan obat Covid-19.

“Jadi kita all out ditiga bidang ini, yang terkait dengan penangan Covid-19 disamping melaksanakan proses belajar dan mengajar di Universitas Airlangga yang dilakukan secara daring,” ujar Rektor Unair.

Sementara itu, Dankodiklatal dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas penerimaan ini dan sangat mengapresiasi upaya-upaya yang dilaksanakan oleh Universitas Airlangga dalam melaksanakan penelitian untuk menemukan anti virus corona.

“Kawan-kawan di Universitas Airlangga tengah berpacu dengan waktu melaksanakan penelitian untuk menciptakan obat dan vaksin corona, kami sangat mengapresiasi itu,” ujar Dankodiklatal.

Kegiatan kunjungan ini juga dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei dan Hari Pendidikan TNI AL tanggal 12 Mei serta sekaligus untuk meningkatkan tali silaturahmi dan kerja sama antara kedua lembaga pendidikan tersebut.

Kodiklatal se bagai bagian integral dari TNI dan TNI AL, berpedoman kepada Perintah Harian Bapak Panglima TNI serta arahan Bapak Kepala Staf TNI AL guna berperan dalam menghadapi Wabah Pandemi Virus Corona yaitu dengan memperkokoh Kemanunggalan TNI dengan Rakyat serta bekerja sama dengan Instansi lainnya untuk membangun semangat kebersamaan.

Untuk itulah, dengan jumlah rombongan yang sangat terbatas dan disesuaikan dengan protokol pencegahan covid-19, Komandan Kodiklatal Laksda TNI Nurhidayat mengadakan kunjungan kerja ke Universitas Airlangga sekaligus memberi semangat dan apresiasi kepada Unair dalam upaya menemukan obat vaksin Covid 19.

Dalam situasi ini, para dokter, perawat dan tenaga medis lainnya menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19. Karena mudah menular, virus Corona juga berisiko tinggi menginfeksi para tenaga medis yang merawat pasien Covid-19. Oleh karena itu, para tenaga medis dan orang-orang yang memiliki kontak dengan pasien Covid-19 perlu menggunakan alat pelindung diri (APD) selain mengkonsumsi vitamin yang cukup.(kdkltl/wan/yat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *