PANGKOARMADA III: PERINGATAN HUT KE-2 KOARMADA III BERMAKNA RETROSPEKTIF DAN INTROSPEKTIF

by Mei 12, 2020

Sorong, paradigmaindonesia.com-Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M., mengatakan bahwa pada hari ini, tanggal 11 Mei 2020, tidak terasa Koarmada III tepat berusia dua tahun, sehingga pada kesempatan yang sangat membanggakan ini, kita dapat bersama-sama merayakan hari ulang tahun yang kedua Koarmada III.

“Meskipun tidak dirayakan secara meriah, dikarenakan kondisi dan situasi saat ini yang tidak memungkinkan karena adanya wabah pandemi Covid-19 di negara kita tercinta. akan tetapi saya sampaikan bahwa dalam memaknai hari ulang tahun Koarmada III yang kedua ini, secara filosofis memiliki dua makna, yakni retrospektif dan introspektif,” kata Pangkoarmada III dalam sambutannya pada acara peringatan HUT ke-2 Koarmada III yang berlangsung sederhana di VIP Room Markas Panglima Mako Koarmada III Jl. Bubara No. 1 Kel. Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat, Senin (11/5).

Acara tersebut berupa syukuran dan doa serta buka puasa yang dihadiri Kepala Staf Koarmada III bersama para Asisten dan Kepala Dinas. Sedangkan seluruh anggota lainnya melaksanakan doa dan buka puasa di kantor masing-masing yang didukung dari Koarmada III selama bulan puasa Ramadhan tahun ini.

Menurut Pangkoarmada III bahwa makna retrospektif, yaitu dengan sebuah peringatan hari ulang tahun, kita berupaya untuk menengok masa lalu sebagai sebuah mata rantai sejarah, dan sebuah masa lalu adalah pondasi yang sangat bernilai sebagai referensi menapaki masa kini, dan masa yang akan datang. Sedangkan makna introspektif yang artinya peringatan hari ulang tahun, kita jadikan sebagai sarana mawas diri atau introspeksi diri. Dengan demikian, setiap tingkatan perjalanan kehidupan ini selalu bermakna, karena mampu memberikan jawaban atas persoalan kekinian serta responsif dengan tantangan ke depan.

Sebagai prajurit Koarmada III, kita wajib bersyukur dengan menjadikan tanggal 11 Mei sebagai hari ulang tahun Koarmada III. “Hal ini menjadi inspirasi serta motivasi untuk mengisi dan mengingat kembali setiap detik-detik perjuangan kita Koarmada III dari awal hingga saat ini dengan karya dan prestasi, lalu kita bingkai catatan perjalanan hari ini dan ke depan dengan kerja produktif dan inovatif serta semangat yang tinggi, demi meraih cita cita dan harapan yang lebih baik di masa yang akan datang,” ujarnya.(wan/krmda3/yat)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *