Pangkoarmada III Rapat Evaluasi Pendisiplinan Masyarakat Dalam Tatanan Kehidupan Normal Baru

by Juli 21, 2020

Sorong, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han)., menghadiri rapat evaluasi pendisiplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan wabah Covid-19 di Gedung Samusiret Kantor Wali Kota Sorong, Kota Sorong, Papua Barat, Senin (20/7). Rapat tersebut bersama Wali Kota Sorong Drs. Ec. Lambertus Jitmau, M.M., Komandan Korem 181/PVT Brigjen TNI Yulius Selfanus dan sejumlah pejabat Forkopimda lainnya.

Sejak diberlakukannya tatanan kehidupan normal baru atau “New Normal” telah dilaksanakan pendisiplinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan, yakni selalu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Pendisiplinan masyarakat dilaksanakan aparat TNI dan Polri serta Satpol PP yang ditempatkan dibeberapa lokasi, antara lain Bandara DEO, Pelabuhan Laut Sorong, pusat perbelanjaan, pasar, lembaga pendidikan, dan tempat ibadah. Anggota gabungan TNI Polri tersebut sebanyak 646 personil dan ditambah Pramuka pelajar di wilayah Kota Sorong 180 orang.

Evaluasi hasil pelaksanaan pendisiplinan masyarakat tersebut dapat meningkatkan kesadaran dan disiplin masyarakat menerapkan protokol kesehatan di setiap pos-pos pendisiplinan sudah berjalan dengan baik. Pemahaman pentingnya protokol kesehatan juga semakin meningkat.

Protokol kesehatan bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum dalam rangka pencegahan dan pengendalian Covid-19 sudah diikuti oleh seluruh pemangku kepentingan baik wisatawan, pelaku usaha maupun pekerjanya sehingga perlu dilakukan pengawasan serta evaluasi secara ketat.

Penggunaan masker hampir menjadi kebiasaan masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Namun demikian, setiap hari masih ditemukan pelanggaran tidak disiplin dalam menggunakan masker di tempat-tempat umum, sehingga kegiatan pendisiplinan masyarakat perlu dilanjutkan. Menggunakan masker bukan suatu paksaan tapi merupakan kebutuhan demi kesehatan bersama.(krmda3/wan/yat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *