Siswa Diktukba Taifib Kodiklatal Lattek SAR Bawah Air

by November 11, 2020

Banyuwangi, Paradigmaindonesia.com-Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan profesionalisme di bidang Search And Rescue (SAR) bawah air, sebanyak 52 Siswa Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) angkatan ke-50 Kejuruan Intai Amphibi (Taifib) Marinir yang sedang menempuh pendidikan di Sesus Pusdikif Kodikmar Kodiklatal laksanakan Lattek SAR bawah air di Puslatpur Banyuwangi Jawa Timur, (11/11/2020).

Latihan yang dilaksanakan di peraiaran pantai Banyuwangi tersebut mendapatkan pengawasan langsung Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) yang juga Komandan Sesus Pusdikif Letkol Mar Supriyono serta para pelatih dan instruktur Sekolah Khusus.

Disela sela Latihan Palaklat Letkol Mar Supriyono menyampaikan Selain SAR bawah air dihari yang sama para siswa Diktukba Taifib ini juga melaksanakan latihan Distance Trial Renang Rintis Penyelidikan pantai tempur malam hari Tekhnik Merakit Hand dan Drill Preedown Recon yang juga dilaksanakan pada malam hari.

Adapun SAR bawah bawah air ini bertujuan meningkatkan kemampuan dalam mendeteksi barang logam dibawah yang sewaktu waktu digunakan dalam satuan Operasional. Menurutnya dari pengalaman sebelumnya bila terjadi kecelakan di laut baik pesawat udara maupaun kapal permukan para prajurit Taifib Marinir selalu dilibatkan dalam SAR bawah air yang tergabung dengan unsur Tim SAR dari satuan lain untuk pencarian posisi Pesawat dan Kapal di area kecelakaan.

Selain mencari badan pesawat yang lebih sulit dalam SAR bawah air bila terjadi kecelakaqan pesawat adalah pencarian Kotak hitam atau Black Box yang berisi sekumpulan perangkat yang digunakan dalam bidang transportasi, umumnya merujuk pada perekam data penerbangan (FDR) dan perekam suara kokpit (CVR) dalam pesawat terbang.

Kepada para siswa, pelatih dan istruktur Dansesus ini selalu mengingatkan agar peserta latihan menjaga keselamatan personil dan material, melaksanakan tahapan latihan sesuai prosedur dan selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberi keselamatan sebelum kegiatan.(red/pen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *