256 Pama TNI AL Ikuti Pendidikan Dikspespa dan Diksarcab Marinir TA 2021 di Kodiklatal

by April 7, 2021

Paradigmaendonesiah – Surabaya 07/04/2021 – Sebanyak 256 Prajurit TNI Angkatan Laut strata Perwira Pertama (Pama) dari berbagai Komando Utama (Kotama) mengikuti program Pendidikan Spesialisasi Perwira (Dikspespa) dan Pendidikan Dasar Kecabangan (Diksarcab) Marinir TA 2021. Pembukaan pendidikan tersebut dipimpin langsung Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat di Lapangan Laut Maluku Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Rabu, (7/4/2021).

Dari 256 Siswa yang mengikuti pendidikan Dikspespa dan Diksarcab ini selanjutnya akan menempuh penndidikan di tiga Kodik dibawah Kodiklatal. Ketiga Kodik tersebut antara lain Kodikopsla yang mendidik 70 siswa terdiri Dikspespa Navdir, Komunikasi, Artileri, Senjata bawah air dan Hidro Aceanografi. Kodikdukum mendidik 149 Siswa terdiri Dikspespa Teknik, Suplay, Senlek, Kesehatan, Pomal, Hukum, Informatika, Pendidikan dan Dikspespa pers. Sedangkan Kodikmar mendidik 37 siswa Diksarcab yang diikuti Siswa Korps marinir.

Komandan Kodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat dalam sambutanya menyampaikan bahwa Pendidikan spesialisasi perwira dan pendidikan dasar kecabangan marinir, akan dilaksanakan selama 5 sampai dengan 6 bulan. Adapun tujuan program Dikspespa adalah mendidik dan membekali perwira siswa TNI AL menjadi prajurit yang berjiwa pejuang sapta marga, memiliki kesamaptaan dan profesionalisme matra laut yang mampu berpikir, bersikap dan bertindak sesuai dengan tuntutan tugas sebagai kasi, kasubsi atau perwira divisi masing-masing korps baik di KRI maupun satuan penugasan yang lain.

Sedangkan Diksarcab marinir bertujuan untuk mendidik perwira TNI AL korps marinir menjadi prajurit pejuang sapta marga yang profesional sesuai kecabangan masing-masing, sehingga dapat ditugaskan sebagai komandan kompi dan staf batalyon serta jabatan lain yang setingkat.

Menurutnya pendidikan ini sebagai upaya mewujudkan sumber daya manusia prajurit TNI AL yang unggul, maju dan profesional. Menjadi tugas Kodiklatal untuk menghasilkan output yang berkualitas tidak hanya pada bidang yang menjadi tugas pokoknya, namun hasil didik Kodiklatal harus memiliki nilai lebih, baik kadar moralitas, kedewasaan berpikir dan profesionalismenya. “Keberhasilan program pendidikan ini, tidak saja ditentukan oleh kualitas tenaga pendidik dan kurikulum yang ada, namun peran serta dan kerja sama yang baik dari perwira siswa juga sangat berpengaruh terhadap kualitas hasil didik yang memenuhi standar kompetensi yang dipersyaratkan.” Tegas Dankodiklatal

Kepada seluruh perwira siswa, Dankodiklatal mengucapkan selamat datang di Kodiklatal, selamat belajar dan semoga berhasil dengan baik sesuai harapan kita bersama. Hadir dalam pembukaan tersebut pejabat Utama Kodiklatal diantaranya Wadan Kodiklatal, Inspektur Kodiklatal, Kapokgadik, para Direktur, para Komandan Kodik dan puslat serta para Komandan Pusdik dijajaran Kodiklatal.(pen/y4t)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *