Dankodikdukum Kodiklatal Hadiri Peringatan Harkitnas 2021 di Gedung Negara Grahadi

by Mei 20, 2021

Paradigmaindonedia – Surabaya, 20 Mei 2021, Komandan Komando Pendidikan Dukungan Umum (Dankodikdukum) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Laksma TNI Budi Raharjo mewakili Komandan Kodiklatal secara resmi menghadiri pelaksanaan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke- 113 Tahun 2021 yang dilaksanakan di gedung negara Grahadi Jln Gubernur Suryo Genteng Surabaya, Kamis, (20/5/2021)

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional tersebut dipimpin langsung Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa dan dihadiri para pejabat TNI Polri sewilayah Gartap III Surabaya dan pejabat Forkompimda Surabaya. Adapun tema yang diambil dalam Harkitnas ke-113 Tahun 2021 ini adalah “ Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh.”

Kegiatan yang tetap mengacu protokol kesehatan tersebut diawali dengan pengibaran bendera Sangsaka Merah Putih, menyanyikan Lagu Indonesia Raya, mengheningkan cipta, Pembacaan Naskah Pancasila, Pembacaan Naskah UUD 1945, pembacaan naskah pidoto Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan diakhiri dengan pembacaan Doa.

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Jonny G. Plate dalam sambutan yang dibacakan Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa menyampaikan 113 tahun lalu perhimpunan Boedi Oetomo meletakkan dasar-dasar kebangkitan Nasional Bagi bangsa Indonesia, Tiga hal penting yang diretas Boedi Oetomo adalah pertama cita-cita untuk kemerdekaan dan cita cita untuk kemausiaan, kedua memajukan nusa dan bangsa, ketiga mewujudkan kehidupan bvangsa yang terhormat dan bermartabat dimata dunia.

Dalam konteks ini maka kebangkitan asional seyogyanya diarahkan menjadi faktor pemandu untuk mengembangakan demokratisasi di segala bidang, mewujudkan keadilan, penegakkan hukum kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. Inilah agenda konseptual yang sejatinya lebih dari cukup untuk mengantarkan bangsa Indonesia ke cita-cita ketiga yang diretas Boedi Oetomo yakni berbuat sesuai dinamika untuk kehidupan bangsa saat ini.

Disisi lain disampaikan bahwa Peringatan Harkitnas ini sejatinya dapat dijadikan utuk menggalang kembali semangat Kebangkitan Nasional sebagai bangsa yang tangguh. Dengan tema “Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh” mengingatkan bahwa semangat kebangkitan nasional mengajari kita untuk optimis menghadapi masa depan, menghadapi semua tantangan dan persoalan bersama-sama sebagai pewaris ketangguhan bangsa ini.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *