Siswa Dikmaba PK TNI AL Satdik-1 Kodiklatal Tanjung Uban Laksanakan Samapta Awal Pendidikan

by Mei 27, 2021

Paradigmaindonesia – Surabaya – 27 Mei 2021. Sebanyak 100 Siswa Pendidikan Pertama Bintara Prajurit Karier (Dikmaba PK) TNI AL yang sedang menempuh pendidikan di Satuan Pendidikan-1 (Satdik-1) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) yang berada di Tanjung Uban Kabupaten Bintan Kepulauan Riau melaksanakan tes kesamaptaan awal pendidikan yang digelar di Lapangan Hang Tuah Tanjung Uban, Bintan. Pelaksaaan samapta awal ini ditinjau langsung Komandan Satdik 1 Tanjung Uban Kolonel laut (P) Syufenri, S.Sos., M.Si, Rabu (27/5/2021).

Adapun tujuan tes kesamaptaan awal ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kondisi dan kebugaran fisik yang dimiliki para siswa untuk mengikuti kegiatan Pendidikan dasar keprajuritan pada awal pendidikan di Satdik-1 Kodiklatal Tanjung Uban. Dalam tes Samapta ini selain dilaksanakan di awal pendidikan juga dilaksanakan diakhir sebelum penutupan pendididkan. Dengan harapan nilai kesamaptaan tersebut akan mengalami peningkatan dibandingkan pada saat mengawali pendidikan.

Komandan Satuan Pendidikan-1 Tanjung Uban Kolonel laut (P) Syufenri, S.Sos., M.Si, disela-sela peninjauan tes samapta pemenyampaikan bahwa tes yang dilaksanakan ini merupakan program awal yang nantinya berkesinambungan bagi siswa Dikmaba Satdik-1 sebagai sarana untuk mengukur dan memantau kondisi fisik, kebugaran dan kesehatan para siswa.

Menurutnya tes samapta merupakan salah satu bidang penilaian dalam pendidikan di Sekolah Bintara Satdik-1 Tanjung Uban. Dalam menempuh pendidikan tersebut para siswa dituntut memiliki kebugaran dan kemampuan fisik yang prima dalam mendukung kegiatan belajar mengajar maupun latihan praktek. Selama pelaksanaan kegiatan tes ini panitia menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Untuk tes samapta ini meliputi batere A berupa lari selama 12 menit, batere B yang terdiri dari Full Up sebanyak-banyaknya selama 1 menit, Sit Up selama 1 menit, Push Up selama 1 menit dan Shatle Run (lari angka delapan) serta batere C yaitu renang bertempat di kolam renang Tanjung Uban.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *