Tingkatkan Fisik Siswa Satdik-1 Kodiklatal Tanjung Uban Laksanakan Senam Balok

by Juni 13, 2021

Paradigmaindonesia – Surabaya, 13 Juni 2021, Bayak cara untuk meningkatkan kemampuan Fisik bagi seorang Prajurit, salah satunya dengan Senam sambil membawa balok seperti yang dilaksanakan siswa Pendidikan Pertama Bintara Prajurit Karier (Dikmaba PK) dan siswa Pendidikan Pertama Tamtama Prajurit Karier (Dikmata PK) TNI AL Angkatan ke-41 yang sedang menempuh pendidikan di Satuan Pendidikan (Satdik) 1 Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) yang berlokasi di Tanjung Uban Kabupaten Bintan Riau Kepulauan, Minggu, (13/6/2021).

Latihan Senam Balok yang dilaksanakan di Lapangan Hang Tuah Tanjung Uban tersebut ditinjau langsung Komandan Satdik 1 Tanjung Uban Kolonel laut (P) Syufenri, S.Sos., M.Si, dan Komandan Sekolah Bintara (Danseba) Satdik 1 Mayor Marinir Endik Catur.S, S.H dan Komandan Sekolah Tamtama (Danseta) Mayor Laut (P) Ogi Mabarti.

Disela sela peninjauan Dansatdik 1 Tanjung Uban Kolonel laut (P) Syufenri, S.Sos., M.Si, mernyampaikan bahwa Senam balok merupakan jenis senam secara tim atau berkelompok dengan membawa balok-balok kayu besar berukuran panjang 5 meter dan berat 30 kilogram. Tujuan senam ini adalah untuk membentuk dan melatih Fisik siswa secara keseluruhan serta membantu dalam melatih kekuatan dan ketahanan tubuh siswa. Tujuan lainya adalah membuat kekompakkan secara tim diantara peserta senam.

“Senam ini membutuhkan kekompakan, Jadi apabila setiap gerakan yang tidak dilaksanakan bersama-sama akan mempersulit gerakan dan juga jadi lebih berat. Tapi kebalikannya, jika gerakan dilaksanakan secara bersama-sama, akan timbul gerakan yang bagus dan ringan,” tuturnya.

Sebelum melaksanakan melaksanakan senam balok para Siswa Dikbmaba dan Dikmata Satdik 1 Tanjung Uban ini melakukan pemanasan dan berlari mengelilingi lapangan tanpa beban balok, untuk selanjutnya melaksanakan senam disertai beban balok dengan harapan menguatkan otot-otot tangan para siswa.(pen/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *