Dankodiklatal Tuntut Kreatifitas dan Inovasi Peserta Latihan Armada Jaya ke-39 TA 2021

by Juni 16, 2021

Paradigmaindonesia – Surabaya, 16 Juni 2021, Geladi Posko Latihan Armada Jaya ke-39 TA 2021 merupakan tahapan penting dalam penyelenggaraan latihan puncak TNI AL yang digelar setiap tahun. Dalam tahap inilah, kreatifitas dan inovasi para peserta Latihan Armada Jaya diuji, agar Latihan puncak para prajurit matra laut ini tidak sekedar melaksanakan rutinitas latihan semata. Namun, dapat memberikan suatu terobosan, inovasi, dan sumbangan pemikiran yang dapat meningkatkan kualitas dari pelaksanaan latihan Armada Jaya ini.

Demikian disampaikan Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat selaku Direktur Latihan (Dirlat) Armada Jaya ke-39 TA 2021 kepada staf Kelompok Perencana Latihan (KPL) dan Wasit Pengendali (Wasdal) Latihan Armada Jaya Ke-39 TA 2021 di Ruang Posko Komando Gabungan (Kogab) Gedung R Sudomo Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Rabu, (16/6/2021).

Menurutnya dalam pelaksanaan geladi posko tersebut tahap demi tahap proses pengambilan keputusan militer harus dilaksanakan untuk menghasilkan suatu konsep operasi yang betul-betul sempurna. Kepada staf KPL Dankodiklatal berpesan agar mengembangkan kreatifitas serta inovasi, karena dalam era modern yang memegang peranan penting adalah sumber daya manusia yang memiliki inovasi kreatifitas dan dialah yang akan jadi pemenangnya.

Adapun latihan Geladi Posko ini staf KPL berada di Kodiklatal sedangkan pelaku berada di Kotama masing masing. Sedangkan tahap Manuvra Lapangan (Manlap) mengambil daerah latihan antara lain Laut Jawa, Selat Karimata, Selat Gelasa, Laut Banda, Laut Sulawesi, Pulau Singkep dan Pulau Bintan Riau Kepulauan. Sedangkan pelaksanaan dimulai dari tanggal 14 Juni 2021 yang lalu sampai dengan 12 Juli 2021.

Dalam Latihan ini melibatkan 27 Alutsista KRI, 10 Alutsista Pesawat Udara TNI AL dan 46 Alutsista Matpur Marinir. Untuk geladi posko melibatkan 2.348 personil, sedangkan yang terlibat dalam Manlap sebanyak 7.664 personil.(pen/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *