Dankodiklatal Lepas Prajurit Denmalat Latihan Armada Jaya Ke-39 TA 2021.

by Juni 22, 2021

Paradigmaindonesia – Surabaya, 22 Juni 2021, Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan latihan TNI Angkatan laut (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat yang juga Direktur Latihan (Dirlat) Armada Jaya Ke-39 TA 2021 secara resmi melepas keberangkatan prajurit Kodiklatal yang tergabung dalam Detasemen Markas Latihan (Denmalat) guna mendukung Latihan Armada Jaya Ke-39 TA 2021 di dermaga Madura Koarmada II Ujung Surabaya, Selasa, (22/6/2021).

Keberangkatan tim Denmalat ke daerah latihan Pantai Todak Pulau Singkep tersebut menggunakan KRI dr. Suharso-990 yang merupakan KRI dibawah Satuan Kapal Bantu (Satban) Koarmada II. Adapun anggota tim Denmalat ini di bawah Koordinator Komandan Denmalat (Dandenmalat) Kolonel Mar Darwin Tambunan yang juga Komandan Pusdikbanpur Kodikmar Kodiklatal.

Sebelum berangkat dengan menggunakan KRI SHS-990 para prajurit Denmalat ini telah melaksanakan beberapa kegiatan antara lain apel gelar kelengkapan guna mengecek kesiapan peralatan Denmalat yang dilaksanakan di Lapangan Martadinata Bumimoro. Kegiatan ini ditinjau langsung Dirlat Kodiklatal Brigjen TNI (Mar) Suherlan, S.E., M.M., M.Sc., CHRMP, dilanjutkan Swab Antigen di Satuan Kesehatan (Satkes) Kodiklatal.

Kegiatan selanjutnya adalah embarkasi peralatan pendukung latihan diantaranya beberapa truk yang berisi tenda lapangan, peralatan kesehatan lapangan dan truk pengisi bahan bakar. Selain itu juga terdapat kendaraan ambulan dan bus VIP untuk pendukung pergeseran pejabat TNI AL yang hadir di daerah latihan.

Sebelum tolak para prajurit Denmalat tersebut melaksanakan swab ulang di Diskes Koarmada II dan dilanjutkan apel kelengkapan personil yang dipimpin lagsung Dandenmalat Kolonel Mar Darwin Tambunan di lapangan Indosport Koarmada II guna mengecek kondisi terakhir para prajurit yang akan mengikuti pelayaran dengan KRI SHS-990.

Sementara itu sebelum melepas KRI SHS-990 Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat berpesan agar para prajurit Denmalat yang tergabung dalam tim aju Latihan Armada Jaya ke-39 TA 2021 memperhatikan keselamatan personil dan material selama bergiat di daerah latihan, sebagai tim aju dan pendukung tim ini berangkat mendahului dan pulang paling terakhir.

Pesan lainya bahwa saat ini masih dalam pandemi Covid 19 agar personil Denmalat tetap menjaga protokol kesehatan yaitu memakai masker selama di kapal maupun didaerah latihan dan tetap berdoa kepada Allah SWT setiap mengawali kegiatan agar diberi keselamatan. “Berangkat dalam keadaan aman dan lengkap, kembali kepangkalan dalam kedaan aman, lengkap dan selamat juga” jelas Dankodiklatal.

(Pen/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *