TNI AL Terima Kedatangan Dua Kapal Perang Jepang di Surabaya

by Juni 28, 2021

Paradigmaindonesia – Surabaya 28/06/21, TNI AL dalam hal ini Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V, menerima kedatangan dua Kapal Perang Angkatan Laut Jepan yaitu JS Kashima (TV 3508) dan JS Setoyuki (TV 3518), di Dermaga Jamrud Utara, Tanjung Perak Surabaya, Senin (28/06).

Kedatangan dua kapal tersebut guna melaksanakan Goodwill Port Visit dalam rangka muhibah, sekaligus Pengisian Bekal Ulang Logistik di Surabaya pada 28 hingga 30 Juni mendatang.

Dalam kesempatan ini, Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Yoos Suryono Hadi, M.Tr (Han)., M.Tr., Opsla., CHRMP, meyambut langsung dua kapal Jepang tersebut yang merapat di Tanjung Perak dipimpin oleh Komandan Japanese Maritime Self-Defence Force (JMSDF) Task Group, Rear Admiral Ishimaki Yoshiyasu.

Laksamana Pertama TNI Yoos Suryono Hadi dalam sambutannya menyampaikan, ucapan selamat datang kepada Angkatan Laut Jepang di Pelabuhan Tanjung Perak. “Dengan misi diplomasi yang dibawa diharapkan dapat terus meningkatkan kerjasama antara Angkatan Laut kedua negara yang selama ini telah terjalin dengan baik”, kata Komandan Lantamal V.

Senada dengan itu, Dikatakan oleh Bapak Heru Ketua Yayasan Warga Persahabatan yang merupakan organisasi keturunan Jepang yang ada di Indonesia mengatakan, dengan adanya kunjungan ini besar harapannya agar persahabatan kedua negara akan semakin ditingkatkan. “Baik itu dibidang ekonomi, budaya, maupun pertukaran sumberdaya manusia semakin meningkat di masa yang akan datang, itu harapan kami”, ungkapnya.

Pada acara penyambutan Kapal perang negara sahabat ini, dilaksanakan juga pemberian dua buah karangan bunga oleh Angkatan Laut Jepang dari Japan Training Skuadron dan dari Satuan Kapal Selam AL Jepang, guna mengenang tenggelamnya 54 Patriot Bangsa ABK KRI Nanggala – 402 yang tenggelam saat melaksanakan tugas di perairan Laut Bali beberapa waktu lalu. Karangan bunga tersebut diserahkan oleh Atase Pertahanan Jepang untuk RI Captain Hidenori Mizuno yang diterimakan oleh Komandan Lantamal V selaku perwakilan TNI Angkatan Laut.

Ini merupakan kali kedua TNI AL dalam hal ini Lantamal V Surabaya melaksanakan penerimaan kapal perang Angkatan Laut negara sahabat, yang berlabuh di Tanjung Perak dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, guna mencegah penyebaran Covid-19, (pen/red) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *