Tingkatkan Pelayanan, TNI AL Tambah Ruang Isolasi untuk Pasien Covid-19

by Juli 14, 2021

Paradigmaindonesia – Surabaya 14 Juli 2021, Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat meninjau kesiapan fasilitas pendidikan Sekolah Kesehatan Angkatan Laut (Sekesal) Surabaya yang akan digunakan sebagai tempat perawatan bagi pasien Covid-19.

Dalam peninjauan tersebut, Dankodiklatal didampingi oleh Kepala RSPAL dr. Ramelan Laksamana Pertama TNI dr. Radito Soesanto, Sp.THT-KL, Sp.KL Danpusdikkes Kolonel Laut (K) drg. I Ketut Triwanto, Sp. Ort., serta Dansekesal Surabaya Letkol Laut (K) Setiawan Eko Rudianto, S.Si, Apt, M.Farm.

Penyiapan Gedung Sekesal Surabaya ini sesuai dengan perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan di masa Pandemi Covid-19 yaitu dengan menjadikan Sekesal sebagai tempat perawatan bagi pasien Covid-19 di Surabaya.

Penyiapan Gedung Sekesal yang terletak di sisi utara Gedung Penanganan Infeksi Terpadu (Pinter) akan dilaksanakan bersama-sama dengan RSPAL Dr. Ramelan. Untuk Sementara, kegiatan belajar mengajar siswa Sekesal masih dilaksanakan secara online dan untuk kegiatan praktek dilaksanakan di Pusdikkes Kodiklatal Bumimoro Surabaya.

Penyaiapan Sekesal ini cukup mendesak karena hingga pertengahan bulan Juli 2021 ini, tingkat keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) pasien Covid-19 di sejumlah rumah sakit di berbagai kota semakin penuh, termasuk di Kota Surabaya.
RSPAL dr. Ramelan merupakan rumah sakit rujukan utama untuk satuan-satuan TNI di Wilayah Indonesia Timur untuk semua kasus kesehatan. RSPAL dr. Ramelan mempersiapkan langkah-langkah strategis untuk menjamin pelayanan kesehatan setelah ditunjuk sebagai salah satu rumah sakit rujukan penangan Covid-19.

Gedung Pinter RSPAL dr. Ramelan merupakan fasilitas kesehatan terpadu satu atap khusus penanganan kasus-kasus infeksi dilengkapi sarana dan prasarana yang meliputi, Instalasi Gawat Darurat, Kamar Bersalin untuk persalinan normal dan sectio, Kamar Operasi, Ruang NICU, Klinik Infeksius yang terdiri dari beberapa Klinik Spesialis.

Sedangkan fasilitas penunjang yang ada meliputi Unit X-ray, CT Scan 128 Slice, Laboratorium Biomolekuler PCR, Pelayanan Laboratorium Drive Thru yang melayani pemeriksaan Swab PCR dan Swab Antigen secara Online serta Pelayanan Farmasi Rawat Jalan dan Rawat Inap.

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *