52 Pati TNI Naik Pangkat, Menantu Hendropriyono Resmi Bintang Tiga

by Februari 3, 2018
Berita Utama TNI 0   672 views 0

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan selamat kepada Dankodiklat TNI AD Letjen TNI Andika Perkasa

Paradigmaindonesia, Jakarta – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan selamat atas kenaikan pangkat 52 perwira tinggi (Pati) TNI. Upacara kenaikan pangkat berlangsung di Hanggar 17 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat, 2 Februari 2018.

“Sebanyak 52 Pati TNI yang melaksanakan Laporan Korps Kenaikan Pangkat berdasarkan Keppres Nomor 3/TNI/2018 tanggal 30 Januari 2018 dan Keppres Nomor 4/TNI/2018 tanggal 1 Februari 2018, terdiri atas 29 Pati TNI AD, 9 Pati TNI AL dan 14 Pati TNI AU,” ujar Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Inf Bedali Harefa dalam keterangan tertulis, Jumat, 2 Februari 2018.

Di TNI AD, salah satu yang naik pangkat yaitu Letjen TNI Andika Perkasa. Menantu mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono itu resmi menyandang jenderal bintang tiga setelah sebelumnya diangkat sebagai Komandan Kodiklat TNI AD berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/12/I/2018 tertanggal 4 Januari 2018.

Penyematan bintang tiga bagi Andika sebenarnya hanya tinggal menunggu waktu. Ketika dipromosikan sebagai Dankodiklat TNI AD, jabatan strategis tersebut memang untuk Letjen TNI.

Di matra TNI AD, tak dimungkiri Andika termasuk Pati TNI yang kariernya melesat bak meteor. Tanda-tanda itu sudah terlihat ketika lulusan Akmil 1987 ini meraih jenderal bintang satu dengan menjabat sebagai Kadispen TNI AD pada 2013.

Namanya benar-benar menjadi pusat perhatian ketika hanya dalam tempo 11 bulan, dia dipromosikan sebagai Komandan Paspampres. Artinya, di pundak Andika tersemat bintang dua. Lepas dari Danpaspamres, tentara kelahiran Bandung, Jawa Barat ini dipercaya sebagai Pangdam XII/Tanjungpura.

Jenderal yang pernah mengenyam pendidikan di Universitas Harvard dan Universitas The George Washington, Amerika Serikat ini kemudian diplot untuk menduduki jabatan strategis lagi, Komandan Kodiklat.

Sementara itu dari 9 Pati TNI AL yang naik pangkat antara lain Laksma TNI Guntur Wahyudi (Dirops Udara Maritim Deputi Bidang Operasi dan Latihan Bakamla) dan Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi (Danlantamal X/Jpr Koarmatim).

”Sedangkan dari 14 Pati TNI AU yang naik pangkat antara lain, Marsda TNI Nanang Santoso (Pangkoopsau I) dan Marsda TNI Sri Pulung sebagai Wairjen TNI,” kata Bedali.

(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *