Berantas Illegal Fishing, Wakasal Apresiasi Kinerja Satgas IUU 115

by November 7, 2018

Surabaya,paradigmaindonesia – Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal), Laksamana Madya TNI Wuspo Lukito memberikan apresiasi kinerja Satgas IUU 115. Pria yang juga Kepala Pelaksana Harian Satgas 115 ini menyampaikan, Satgas 115 merupakan penyelenggara penegakan hukum satu atap atas tindak pidana perikanan. Satgas terdiri atas unsur TNI AL, Polri, Bakamla, Kejaksaan RI serta Kementrian KP, yang berfungsi memudahkan koordinasi dan sinergi untuk memberantas Illegal Fishing.

Wakasal menegaskan jika Satgas 115 sangat serius dan berkomitmen keras untuk melakukan penegakan hukum atas upaya pencurian ikan. Satgas tentu akan mengeksekusi secara tegas kapal-kapal pelaku Illegal Fishing sebagai bentuk pelaksanaan amanat UU. Dalam pelaksanaan tugasnya Satgas 115 juga memerlukan kerjasama, kekompakan dan sinergitas yang lebih baik antara para stake holder serta perlu perwujudan secara riil dan berkesinambungan.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk menindak lanjuti hasil evaluasi kinerja Satgas 115 serta dalam rangka meningkatkan sinergi antar unsur dalam Satgas115. Selain itu, diinventarisasi pula permasalahan yang ada di masing- masing Stake Holders sehingga dapat ditemukan solusi terbaik dan dapat mengeliminasi keragu-raguan bertindak bagi petugas di lapangan.

Wakasal mengucapkan apresiasi dan penghargaan yang setinggi- tingginya kepada para seluruh unsur Satgas 115, atas kerja keras, integritas, loyalitas dan dedikasi yang telah di tunjukkan dalam menjaga kedaulatan perairan Indonesia. Mulai dari menangkap dan mengeksekusi lebih dari 450 kapal ikan asing pelaku Illegal Fishing di seluruh wilayah perairan Indonesia, hal ini merupakan bukti prestasi kerja seluruh unsur dalam Satgas 115.

Wakasal juga berharap ke depannya Satgas 115 mampu untuk meningkatkan kapasitasnya menjadi Satgas aandal dan membanggakan serta mampu menjadi Defferent Effect bagi pelaku Illegal Fishing di wilayah laut. “Oleh karenanya kita harus lebih merapatkan barisan bekerja bersama saling bahu-membahu untuk menyelamatkan laut kita beserta sumber daya yang dimiliki. Itu dilakukan dengan semangat kebersamaan kita perkuat sinergi dan soliditas diantara kita guna mewujudkan laut sebagai masa depan bangsa,” tuturnya.

Hadir dalam acara, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II, Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto. Ia didampingi Danguspurla Koarmada II, Danguskamla Koarmada II, para Danlantamal jajaran Koarmada II, Direktur Polair Korpolairud Baharkam Polri, Direktur Operasi Laut Bakamla RI, Kazona Wilayah tengah Bakamla RI, Direktur POA Ditjen PSDKP dan para Asops di jajaran Koarmada II.(son/wan/yat/afr/s)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *