Casis Dikspespa dan Diksarvcab TNI AL Seleksi Garjas di Kodiklatal

by Juni 26, 2019
Angkatan Laut Berita TNI 0   754 views 0

Surabaya, paradigmaindonesia.com – Sebanyak 280 Prajurit Strata Perwira Pertama (Pama) dari berbagai Komando Utama (Kotama) TNI AL mengikuti tes Kesegaran Jasmani (Garjas) untuk memperebutkan kursi dalam program Pendidikan Spesialisasi Perwira (Dispespa) untuk Perwira pelaut dan Pendidikan Dasar Kecabangan (Diksarcab) untuk perwira Korps Marinir. Adapun seleksi Garjas tersebut dilaksanakan di lapangan Dewaruci Kesatrian Bumimoro, Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal).

Dari siaran pers Kodiklatal, (26/6) adapun materi tes garjas tersebut meliputi Baterei A, berupa lari selama 12 menit dan Baterei B meliputi Full Up sebanyak-banyaknya selama 1 menit, Sit Up selama 1 menit, Push Up selama 1 menit dan Shatle Run (lari angka delapan) dan renang. Adapun Tes Garjas ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan fisik para casis Dikspespa dan Diksarcab yang akan mengikuti pendidikan di Kodiklatal.

Pabanbdya Jasrek Ditum Kodiklatal Letkol Laut (KH) Slamet Basuki, S.Pd., M.Pd selaku penanggung jawab tes Garjas menyampaikan agar seluruh Casis melaksanakan tes dengan serius dan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Menurutnya personel yang mengikuti seleksi masuk pendidikan tersebut harus tetap menjaga kondisi fisik mapun mental agar tetap fit, sehingga bisa menjalanai tes secara maksimal baik dalam kehadiran maupun capaian nilai yang sesuai standar yang dipersyaratkan untuk bisa mengikuti pendidikan.

Lebih lanjut disampaikan tes kesegaran jasmani ini merupakan tes terakhir sebelum pelaksanaan Sidang penentuan akhir. Adapun seleksi sebelumnya yang telah dijalankan adalah seleksi Mental Idiologi, Psikologi, akademis dan Kesehatan termasuk kesehatan jiwa (Keswa). Rangkaian kegiatan seleksi akan ditutup dengan sidang Panitia Penentuan Akhir (Pantukhir) yang akan dilaksanakan pada 27 Juni. (kodkltl/wan/yat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.