Dandenmako Kodiklatal: Logistik Tidak Memenangkan Perang, Tanpa Logistik Perang Takkan Menang

by Januari 23, 2019

 

Surabaya, paradigmaindonesia.com- Logistik tidak memenangkan perang, tanpa logistik perang takkan menang. Adapun salah satu unsur logistik adalah dukungan angkutan yang tidak bisa diabaikan dalam strategi apapun. Demikian disampaikan Komandan Detasemen Markas Komando (Dandenmako) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Letkol Laut (P) Teddy Barata pada pembakalan prajurit Satuan Angkutan (Satang) Denmako Kodiklatal yang dilaksanakan di Pool Angkutan Denmako Kesatrian Bumimoro Kodiklatal.
Dari rilis Kodiklatal, (23/1).Lebih lanjut Dandenmako Kodiklatal Letkol Laut (P) Teddy Barata menyampaikan bahwa dukungan angkutan bisa dilaksanakan pada saat penyelenggraan Operasi Militer Perang (OMP) yaitu operasi militer dalam menghadapi kekuatan militer negara lawan, baik berupa invasi, agresi dan infiltrasi, maupun pada saat Operasi Militer Selain Perang (OMSP)yaitu mencegah perang, menyelesaikan konflik, mengupayakan perdamaian, dan mendukung pemerintahan sipil dalam mengatasi krisis maupun pembangunan dalam negerinya.

Menurutnya keberadaan kendaraan angkutan sangat penting untuk mendukung pasukan yang terjun ke medan pertempuran, digunakan sebagai alat transportasi untuk membawa pasukan menuju target yang ditentukan.

“Pergerakan dengan berjalan kaki menuju lokasi yang sangat jauh bisa membuat kondisi pasukan letih, tentunya kondisi ini membuat daya tempur melemah dan bukan tidak mungkin akan kalah di medan pertempuran. Disinilah fungsi dan peran kendaraan angkutan diperlukan.” Tegas Pamen melati tiga dipundak tersebut.

Sementara itu dalam Operasi Militer Selain Perang fungsi angkutan Kodiklatal sebagai unsur pelayanan adalah memberikan pelayanan.yang terbaik bagi Prajurit Anggota Tetap (Antap) dan prajurit siswa Kodiklatal yang melaksanakan Latihan baik dilingkungan kesatrian Bumimoro maupun di Puslatpur luar kesatrian. Adapun baik dan buruknya pelayanan angkutan tergantung profesionalisme personel angkutan dan kesiapan kendaraan angkutan.

Selain memberikan pembekalan kepada prajurit di jajaran Satuan Angkutan, dalam kesempatan tersebut Komandan Denmako Kodiklatal juga memperkenalkan dirinya selaku Dandenmako Kodiklatal baru sehubungan telah dilaksanakan sertijab Dandenmako beberapa waktu yang lalu. (wan/yat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *