DANKODIKLATAL INGATKAN PRAJURIT KODIKLATAL JAGA NETRALITAS

by September 21, 2018


Surabaya paradigmaindonesia.com- Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P. mengingatkan kepada seluruh Prajurit Kodiklatal agar menjaga netralitas pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019.
“Pada saat pelaksanaan Pemilu, tidak ada prajurit yang berada ditempat pemungutan suara, tidak terlibat di dalam kegiatan Pemilu baik langsung maupun tidak langsung, mendukung salah satu pasangan calon ataupun partai politik tertentu, menjadi jurkam ataupun menjadi anggota panitia Pemilu serta tidak menempel atribut apapun yang berkaitan dengan Pemilu baik di kendaraan, inventaris dan fasilitas dinas lainnya”. Demikian ditegaskan Komandan Kodiklatal saat memimpin langsung apel khusus Prajurit serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kodiklatal yang di pusatkan di Lapangan Apel Laut Maluku Kesatrian Bumimoro Surabaya (20/9).
Dankodiklatal menambahkan, Sudah ada ketentuan hukum dan perundang-undangan yang mengatur TNI dan bila dilanggar akan ditindak serta diproses sesuai hukum yang berlaku.
Lebih lanjut disampaikan dalam menghadapi tahun politik 2019, yang perlu prajurit pedomani di dalam pelaksanaan tugas sehari-hari maupun pada saat kegiatan di lingkungan bermasyarakat. Situasi menjelang pemilu Tahun 2019 ada beberapa situasi dan kondisi yang akan mempengaruhi sehingga menjadi kerawanan atau potensi kerawanan dalam pelaksanaan Pemilu, antara lain akan terjadi konflik horizontal antar pendukung Pasangan Calon (Paslon) tertentu, akan terjadi politisasi Sara dan identitas serta terjadi gangguan-gangguan keamanan.
Pada kesempatan tersebut Dankodiklatal juga menghimbau kepada seluruh prajurit serta PNS Kodiklatal agar selalu mewaspadai situasi dan kondisi terutama daerah-daerah rawan konflik terkait dengan keselamatan keluarga.
Selain Netralitas, Dankodiklatal juga menekankan kepada seluruh prajurit Kodiklatal khususnya yang bertugas sebagai pelatih dan Instruktur agar bisa menjadi contoh yang baik bagi para siswa yang tengah menempuh pendidikan di Kodiklatal.
Turut hadir pada Apel Khusus tersebut Wadan Kodiklatal Laksma TNI Sugeng Ing Kaweruh, S.E., M.A.P., Para Direktur Kodiklatal, Dankodikopsla, Inspektur Kodiklatal serta pejabat utama Kodiklatal, Para Komandan Kodik, Komandam Puslat dam Komandan Pusdik di jajaran Kodiklatal. (kodiklatal/yat/wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *