Dankormar Cek Kesiapan Pengamanan Pemilu

by Maret 30, 2019
Angkatan Laut Berita TNI 0   256 views 0

 

Surabaya,paradigmaindonesia.com  – Dalam rangka Kesiapan Pengamanan Pemilu tahun 2019. Komandan Korps Marinir, Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, melaksanakan pemeriksaan gelar satuan tugas Korps Marinir. Pengecekan dilakukan di Lapangan Apel Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra Karangpilang, Surabaya, Jumat (29/3).
Apel Gelar di jajaran Korps Marinir Wilayah Surabaya tersebut dimaksudkan untuk melihat secara langsung kesiapan satuan tugas Korps Marinir yang akan dilibatkan dalam pengamanan Pemilu tahun 2019. Sehingga diharapkan siap diproyeksiakan ke pelbagai wilayah yang membutuhkan.

Pada kesempatan ini, Dankormar berharap semua kebutuhan personel dan perlengkapannya direncanakan, dipersiapkan semaksimal mungkin agar dapat melaksanakan tugas dengan baik guna menyukseskan Pemilu 2019. Dalam amanatnya Dankormar juga menekankan agar setiap Komandan Satuan meyakinkan setiap anggotanya mengetahui akan tugasnya, mengetahui aturan pelibatan atau Rule Of Engagement (ROE).

Demikian juga agar dilaksanakan latihan-latihan untuk menghadapi berbagai kemungkinan yang akan terjadi dalam pelaksanaan pengamanan pemilu yang akan datang. Lebih lanjut dikatakan, bahwa dalam pengamanan Pemilu, Korps Marinir tidaklah sendirian, karena Korps Marinir bersama dengan prajurit TNI lainnya akan melaksanakan perbantuan kepada aparat Kepolisian.

Untuk itu, kata dia, diperlukan kerjasama yang erat dan meningkatkan soliditasnya diantara prajurit TNI dan Polri. Dankormar juga mengecek secara acak terhadap kelengkapan perlengkapan dan pengetahuan prajurit akan tugasnya. “Pelbagai keterbatasan yang ada jangan dijadikan kendala, tapi harus mampu disiasati dan dicarikan solusi dengan upaya-upaya yang lain,” tegasnya.

Mayjen Suhartono juga menekankan bahwa senjata yang paling ampuh dalam berhadapan dengan massa. “Senjata paling ampuh saat berhadapan dengan massa adalah perilaku kita, tingkah laku yang santun, sopan terhadap siapapun, tidak arogan, karena itulah yang akan menimbulkan simpati, respek dari masyarakat,” imbaunya.

Dankormar juga menekankan kepada seluruh satuan di jajaran Korps Marinir yang terlibat dalam Satgas Pam Pemilu 2019, agar menyiapkan diri secara optimal. “Lakukan koordinasi yang baik dengan instansi terkait dan pihak Kepolisian serta mempelajari SOP sehingga dapat mengambil tindakan yang tepat dan terukur,” tukasnya.

Apel Gelar Satuan Tugas Korps Marinir dalam rangka Kesiapan Pengamanan Pemilu tahun 2019 diikuti 10 Satuan Setingkat Batalyon (SSY) dan 2 Detasemen. Turut hadir pada kesempatan tersebut Danpasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, Asops Dankormar Kolonel Marinir Y Rudi Sulistyanto, Asintel Dankormar Kolonel Marinir Hendro Suwito, Dankolatmar Kolonel Marinir Suliono, serta Danlanmar Surabaya Kolonel Marinir Mauriadi. (wan/jnr/ afr/s)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *