Empat Jabatan Strategis Dijajaran Lantamal V Diserahterimakan

by Januari 3, 2020


Surabaya,paradigmaindonesia.com- Empat jabatan strategis dijajaran Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal V) diserahterimakan. Komandan Lantamal V Laksma TNI Tedjo Sukmono, S.H.,CHRMP. memimpin langsung jalannya sertijab yang digelar di Serambi Gedung Yos Sudarso, Mako Lantamal V Jl. M. Nasir No 56 Perak, Surabaya, Kamis (2/1).

Empat jabatan strategis tersebut antara lain Aspotmar Danlantamal V dari Kolonel Laut (P) Atmu Edi kepada Letkol Laut (P) Dwi Yoga Pariyadi., M.Tr. Hanla, M.M., Komandan POM Lantamal V dari Kolonel Laut (PM) Joko Tri Suhartono kepada Kolonel Laut (PM) Budi Kuncoro, Komandan Lanal Denpasar dari Kolonel Laut (P) Hendricus Prihantoko kepada Kolonel Laut (P) M. Bimo Sutopo, dan Komandan Lanal Batuporon dari Letkol Laut (P) Teguh Wibowo Kepada Letkol Laut (P) Dodi Hermanto, M. Tr, Hanla.

Tampak hadir dalam acara tersebut Wadan Lantamal Kolonel Marinjr Jasiman Purba, S.E, para Asisten Danlantamal V, Kadiskes Lantamal V, Kafasharkan Surabaya, Ka Kuwil Lantamal V, para Danlanal jajaran Lantamal V, Kadis dan Kasatker serta perwira staf Lantamal V lainnya.

Komandan Lantamal V dalam amanatnya mengatakan bahwa Serah Terima Jabatan (Sertijab) pada hakikatnya selain merupakan simbol seremonial yang menandai pelimpahan tugas, tanggung jawab, dan wewenang jabatan juga sebagai bagian proses alamiah dalam rangka pembinaan organisasi dan personel.

Sertijab lanjut Orang Nomor Satu dijajaran Lantamal V ini, mempunyai makna hakiki terciptanya kaderisasi personel guna mendapatkan penyegaran semangat dan pemikiran baru, sehingga dapat mewujudkan organisasi yang lebih dinamis dan produktif.

Aspotmar Danlantamal V lanjutnya, adalah unsur pembantu pimpinan Lantamal V, bertugas menyelenggarakan perumusan, pembinaan dan pengkajian kebijakan umum Komandan Lantamal V di bidang teritorial matra laut.

Pembinaan itu meliputi pembinaan kemampuan teritorial, pembinaan ketahanan wilayah maritim, komunikasi sosial maritim, pembinaan bakti TNI Angkatan Laut dan pembinaan wilayah perbatasan, pulau-pulau kecil/terluar dalam rangka pemberdayaan wilayah pertahanan laut (Dawilhanla), guna menyiapkan ruang, alat dan kondisi (Rak) juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan negara aspek laut.

Sementara itu Komandan Pomal Lantamal V adalah unsur pelaksana teknis Lantamal V yang bertugas selaku pengendali dalam rangka penyelenggaraan fungsi kepolisian militer di wilayah Lantamal V serta menentukan kebijaksanaan dan mengambil keputusan dalam rangka terselenggaranya fungsi kepolisian militer di wilayah Lantamal V.

Sedanhkan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) bertugas melaksanakan fungsi sebagai dukungan fasilitas labuh, dukungan fasilitas pemeliharaan dan perbaikan (fasharkan), dukungan fasilitas pembekalan, dukungan fasilitas perawatan personel dan dukungan fasilitas pembinaan Pangkalan.

Dalam melaksanakan tugas tersebut lanjutnya, Komandan Lanal bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas dan kewajibanya kepada Danlantamal V serta menerima laporan dan pertanggungjawaban dari Palaksa, Perwira Staf dan Kasatker dibawah jajarannya.

Tupoksi Jabatan Komandan Lanal Denpasar maupun Komandan Lanal Batuporon dapat memainkan peran dan kontribusi yang positif bagi terwujudnya ketahanan wilayah, baik dari aspek pertahanan keamanan maupun aspek kesejahteraan, sehingga keberadaan Pangkalan ini dapat dirasakan manfaatnya, tidak saja untuk kepentingan TNI AL tetapi juga kepentingan daerah.

“Potensi sumber daya yang terkandung di daerah pesisir pantai pulau Bali dan Selat Madura, merupakan sandaran hidup dan masa depan yang cerah bagi masyarakat di wilayah ini,” jelasnya.

Danlantamal V berpesan untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan pengawasan terhadap kemungkinan timbulnya berbagai ancaman dan kerawanan pelanggaran tindak pidana tertentu di dan atau lewat laut.

Kepada Kolonel Laut (P) Atmu Edi, Kolonel Laut (PM) Joko Tri Suhartono, Kolonel Laut (P) Hendricus Prihantoko, Serta Letkol Laut (P) Teguh Wibowo, atas nama pribadi dan seluruh jajaran Lantamal V, Danlantamal V mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas pengabdian yang telah diberikan.

“Berbagai keberhasilan yang telah saudara tunjukkan akan menjadi sumbangan yang sangat positif bagi kemajuan Lantamal V di masa yang akan datang,” pungkasnya.

Kepada pejabat baru, ia mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas, dan berharap segera beradaptasi dengan lingkungan penugasan baru dan bangun sinergitas yang baik dengan pemerintah daerah setempat dan satuan lainnya diwilayah kerja masing masing. (wan/yat/lntmlv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.