Jurus Unik Pangdam V Brawijaya

by September 20, 2019
Berita Utama TNI 0   311 views 0

Paradigmaindonesia.com,Surabaya – Mayjen TNI Wisnoe, P.B selaku Pangdam V/Brawijaya resmi mengakhiri lomba Komsos Kreatif pelajar se-Jawa Timur tahun 2019. Kompetisi ini terdiri dari dua perlombaan, yakni lomba fotografi dan lomba tari khas Jatim, Tari Remo.

Perlombaan yang digagas oleh Staf & Jajaran Teritorial Kodam itu, digelar guna membangun soliditas, solidaritas dan menumbuhkan semangat Persatuan dan Kesatuan, melalui bingkai seni dan budaya, dalam diri para pelajar.

“Upaya itu, untuk meningkatkan jiwa kebangsaan dalam bingkai NKRI,” lanjut Wisnoe melalui amanat penutupan lomba komsos kreatif di Gedung Balai Prajurit, Makodam V/Brawijaya, Surabaya. Selasa siang, 17 September 2019.

Menurut Mayor Jenderal kelahiran Kota Surabaya ini, kalah atau menang dalam lomba ini, bukanlah yang utama. Namun, yang diutamakan adalah nilai-nilai semangat dan rasa solidaritas para peserta.

“Kemenangan dalam kompetisi Komsos Kreatif ini bukanlah tujuan utama. Melainkan untuk mengaktualisasikan kembali semangat juang dan ide kreatif para peserta, merupakan hal utama yang kami harapkan,” pesan Jenderal bintang dua yang pernah menjabat sebagai Danrem 084/Bhaskara Jaya itu,

“Kegiatan lomba seperti ini merupakan agenda penting untuk dilaksanakan karena bernilai positif, yaitu dalam rangka menggali dan mengembangkan bakat para generasi penerus bangsa,” ujar dia.

Pemberian penghargaan kepada juara Lomba Fotografi dan juara Tari Remo sebagai pemenang, menandai penutupan Kompetisi Komsos Kreatif Kodam V Brawijaya.

Adapun pemenang lomba Tari Remo, yakni Juara I dimenangkan grup tari perwakilan Kodim 0807/Tulungagung. Sedangkan Juara I Fotografi diraih oleh perwakilan dari Kodim 0831/Surabaya Timur.

Panglima Kodam (Pangdam) V/ Brawijaya, Mayjen TNI R Wisnoe

Selanjutnya, Widyadhana Aprilia Azzahra, perwakilan dari Kodim 0831/Surabaya Timur, siswi SMAN 17 Surabaya, meraih Juara I Lomba Fotografi dalam kompetisi Komsos Kreatif 2019 yang diadakan Kodam V/ Brawijaya. Sementara lomba Tari Remo dimenangkan oleh perwakilan Kodim 0807/Tulungagung.

Menurut Dandim 0831/Surabaya Timur, Kolonel Arm Muhammad Haidir, S. I., jika keberhasilan siswi yang menjadi peserta perwakilan lomba fotografer dari Satuannya itu, merupakan suatu kebanggaan tersendiri, seperti keterangannya kepada liputan6.com, Selasa 17 September 2019.

“Alhamdulillah, upaya kami untuk melakukan pembinaan terhadap para pelajar di wilayah teritorial Kodim Surabaya Timur, tidak sia-sia,” katanya.

“Kali ini, kompetisi Komsos Kreatif Kodam V/ Brawijaya mengambil fokus pelestarian budaya bangsa dan menggelorakan jiwa kebangsaan generasi muda saat ini,” pungkas Dandim 0831/Surabaya Timur, Kolonel Arm Muhammad Haidir, S. I.

Ada pun kompetisi ini diikuti oleh peserta lomba yang diseleksi dari tingkat Kodim, kemudian dilombakan ke tingkat Korem. Para pemenang pada tingkat Korem, kembali dilombakan di tingkat Kodam V Brawijaya. Hasilnya, dari 24 peserta lomba fotografi, empat orang siswa berhasil menjadi juara. Sedangkan peserta lomba Tari Remo, dari 15 grup peserta, empat grup di antaranya berhasil menjadi pemenang.

Lomba fotografi dipilih sebagai salah satu bidang yang dilombakan Komsos Kreatif yang diadakan setiap triwulannya. Tujuannya, demi menarik minat pelajar terhadap fotografi.

Sedangkan Tari Remo, mengisahkan perjuangan seorang pangeran dalam medan laga ini. Tarian ini sedianya berasal dari Kecamatan Diwek Desa Ceweng, Kabupaten Jombang. Awalnya, tarian dibawakan oleh penari pria, dan diciptakan seorang penari jalanan sebagai pengantar tarian Ludruk.

Seiring waktu, Tari Remo menjadi tarian penyambutan tamu, khususnya tamu–tamu kenegaraan, dibawakan oleh penari perempuan. Selain itu Tari Remo juga kerap ditampilkan dalam festival kesenian daerah, sebagai upaya melestarikan budaya Jawa Timur.(tita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.