KASAL : Sumber Daya Manusia Unggul, Indonesia Maju

by Agustus 18, 2019

Surabaya,paradigmaindonesia.com – Tahun ini pemerintah telah menetapkan tema peringatah HUT RI ke-74 tahun 2019, yaitu Sumber Daya Manusia Unggul, Indonesia Maju. Tema ini menjadi kondisi dasar dan pemicu semangat Indonesia ke depan, khususnya bagi prajurit pejuang Matra Laut yang adalah komponen utama pertahahan dan kemanan negara di laut sebagai mana yang telah di gariskan dalam UU negara RI tahun 1945.

Hal tersebut dikatakan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, dibacakan Wadan Lantamal V Kolonel Marinir CTO Sinaga saat menjadi Irup pada Upacara Peringatah HUT RI ke-74 tahun 2019 mewakili Komandan Lantamal V Laksma TNI Tedjo Sukmono di Lapangan Apel Yos Sudarso, Mako Lanatamal V, Sabtu (17/8).

Kesuskesan upacara ini juga tak lepas dari Letkol Mar, A yudinanto sebagai ketua panitia HUT RI Lantamal V , yang sehari hari menjabat sebagai dandenma Lantamal v surabaya

Upacara HUT RI juga digelar di Dermaga Markas Komando Armada II. Kepala Staf Koarmada (Kaskoarmada) II Laksma TNI Ahmadi Heri Purwono, mewakili Panglima Komando Armada II (Pangkoarmada II) Laksda TNI Mintoro Yulianto juga turut membacakan amanat Kasal.

Menurut Kasal, selama 74 tahun, Indonesia sudah menunjukan sebagai bangsa yang tangguh dan bangsa yang ingin terus maju serta berprestasi menghadap tujuan di tengah-tengah perubahan dan persaingan global yang kian menajam. Dinamika lingkungan strategis global ini, lanjut Kasal, diwarnai kompetisi dan perebutan pengaruh negara-negara besar yang telah menempatkan Indonesia pada pusat kepentingan global. Jika tidak siap dan waspada Indonesia dapat saja tergilas dalam pusaran kompetisi global yang tidak mengenal waktu dan batas tersebut.

“Perlu kita sadarai bahwa kekuatan pertahahan sebuah negara terukur dalam komponen konseptual, fisik dan moral dengan faktor sumber daya manusia sebagai tulang punggungnya. Dengan demikian keunggulan SDM TNI AL merupakan tuntutan yang sudah tidak dapat di tawar tawar lagi. Kita semua berkeinginan TNI AL diawaki oeh prajurit- prajurit yang terlatih, terdidik, dilengkapi secara baik dan dijamin kesejahteraannya sesuai denga jati diri prajurit TNI sebagai tentara profesional,” terang Kasal.

Pembangunan fisik kekuatan TNI AL tambahnya, seperti kapal perang, pesawat udara, pangkalan dan marinir hanya membutuhkan waktu beberapa tahun saja, tetapi untuk membangun SDM yang unggul dibuthkan waktu yang lebih panjang. Dengan demikian perhatian terhadap pembangunan SDM TNI AL perlu terus ditingkatkan ke depan, sehingga mampu menciptakan prajurit profesional yang kompeten dan bermoral Pancasila.

Melalui momentum HUT RI ini, Kasal mengajak selurut personel TNI AL untuk bersama-sama memacu diri dan bersaing dengan kekuatan angkatan laut negara kawasan. Keterbatasan anggaran bukanlah kendala yang menjadi alasan bagi kita untuk tidak berbuat yang terbaik.

“Dengan apa yang telah negara berikan kepada kita, marilah kita kelola dengan sebaik-baiknya untuk dapat memberikan hasil nyata dan manfaat bagi masyarakat, terutama dalam menciptakan laut yang aman, tertib dan dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat,” pungkasnya. (wan/lntmlv/jnr/yat)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.