KOARMADA II PERINGATI HARI NUSANTARA 2019

by Desember 14, 2019

Surabaya,paradigmaindonesia.com – Inspektur Koarmada II Kolonel Laut (T) Doddy Setyo Prambudi mewakili Panglima Komando Armada II Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto memimpin upacara Peringatan Hari Nusantara Tahun 2019 dengan tema “Nusantaraku Berdaulat, Indonesiaku Maju”, bertempat di Dermaga Madura, Markas Komando Armada II, Ujung Surabaya, Jumat (13/12).

Peringatan Hari Nusantara tahun 2019 ini merupakan yang ke-19, sejak pertama kali diselenggarakan di Jakarta pada tahun 2001. Peringatan ini bertujuan menggaungkan kembali semangat perjuangan para Bapak bangsa dan pahlawan kita dalam mewujudkan keutuhan NKRI yang pertama kali dicetuskan dalam “Deklarasi Djoeanda” pada tanggal 13 Desember 1957.

Sementara dalam sambutan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto yang dibacakan oleh Irup, mengatakan jika Deklarasi Djoeanda menjadi titik awal perjuangan gigih selama 25 tahun memperjuangkan konsep Indonesia sebagai negara kepulauan.

Hal tersebut berbuah manis dengan disahkannya United Nation Convention on the Law of the Sea (UNCLOS) pada tanggal 10 Desember 1982 melalui Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Hukum Laut, dan Indonesia telah meratifikasinya dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 1985. Selanjutnya UNCLOS resmi berlaku pada tahun 1994.

“ Atas dasar inilah, Negara Indonesia memandang laut sebagai jati diri bangsa serta laut sebagai pemersatu dan perekat bangsa. Terlebih dengan adanya Surat Keputusan No. 126 Tahun 2001 yang menetapkan setiap tanggal 13 Desember sebagai Hari Nusantara yang dikeluarkan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada tahun 2001,” terang Airlangga.

Upacara Hari Nusantara 2019 diikuti oleh pasukan yang terdiri dari seluruh prajurit Koarmada II.

Ikut hadir pada kegiatan ini para Asisten, para Komandan Satuan, para Kasatker dan para Sahli Koarmada II serta para Komandan KRI. (wan/krmda2/yat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.