Marinir dan BPBD Selamatkan Korban Terperosok di Jurang Kelud

by Maret 25, 2019
Angkatan Laut Berita TNI 0   418 views 0

Kediri, paradigmaindonesia.com – Satgas Marinir Penangulangan Bencana Alam (PBA) dan Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kediri menyelamatkan korban jatuh di jurang wilayah Kawah Gunung Kelud, Kediri. Penyelamatan dilakukan secara cepat usai menerima informasi dari warga Dusun Sempu bahwa ada orang terperosok ke jurang di jalur keluar wilayah berbahaya kawah Gunung Kelud karena menghindari cuaca buruk.

Setelah mendapat laporan Satgas Marinir PBA wilayah Kediri yang dipimpin Danyon Zeni 2 Mar Mayor Marinir I Nyoman Polih memerintahkan prajurit Pasmar 2 yang tergabung Satgas PBA bersama Tim BPBD Kediri dan relawan melaksanakan penyelamatan korban jatuh di jurang.

Penyelamatan dilakukan oleh Tim Regu Pandu Tempur (Rupanpur) Brigif 2 Marinir. Tim Kesehatan dari Yonkes 2 Marinir dan tim dari BPBD Kediri. “Penyelamatan korban di dalam jurang ini mengunakan tandu NR, yaitu tandu khusus yang digunakan untuk evakuasi dalam jurang dan evakuasi udara,” kata Mayor Nyoman, Senin (25/3).

Penanganan pertama oleh Tim Yonkes 2 Mar yakni membebat korban dan diikat dengan tandu NR. Diteruskan mengangkat korban melalui tali montenering/verical rescue yang dikawal oleh tim Rupanpur dari Yonif 3 Mar.

Lalu korban ditarik oleh tim Relawan dan BPBD Kediri. Korban pun berhasil dinaikkan ke jalan dan dibawa ambulance Satgas Marinir menuju Pos PBA di Lapangan Ngancar.

Kegiatan penyelamatan korban dengan teknik vertical rescue itu adalah bagian dari latihan bersama PBA Marinir 2019 dengan BPBD Kediri di wilayah Gunung Kelud Kediri. (wan/jnr/afr/s)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *