Mematangan penyelamat, Prajurit Pasmar 2 Latihan bareng Basarnas

by Maret 21, 2019
Angkatan Laut Berita TNI 0   252 views 0

Surabaya,paradigmaindonesia.com  – Persiapan menyongsong Latihan Penanggulangan Bencana Alam (PBA) prajurit Pasmar 2 bersama tim Basarnas dan Galena Rescue Team Off Roader Indonesia melaksanakan latihan bersama. Latihan yang digelar di Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra Karangpilang Surabaya, Kamis (21/3) itu difokuskan pada upaya penyelamatan korban bencana alam.

Komandan Resimen Bantuan Tempur 2 Marinir, Kolonel Marinir Citro Subono, selaku kepala pengawas dan pengendali latihan, meninjau langsung latihan. “Latihan di homebase ini merupakan pemantapan pengetahuan bagi peserta, tentang penggunaan alat penyelamat agar sewaktu melaksanakan latihan dilapangan nanti peserta tidak menemui kendala yang berarti,” jelasnya.

Disekenariokan pada latihan PBA, tim gabungan melaksanakan penyelamatan korban di dalam jurang terjal. Pada kegiatan ini Tim Evakuasi dari Marinir bekerjasama dengan tim dari Basarnas melaksanakan evakuasi dengan mengangkat Korban menggunakan tandu NR, tandu khusus naik turun tebing dan evakuasi udara.

Selanjutnya di peragakan juga, problem evakuasi korban dengan menggunakan ambulance. Di tengah perjalanan menuju ke kota, jalan terputus tanah longsor, kendaraan roda 4 tidak bias lewat. Akhirnya perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan sepeda motor Trial dari tim Galena Rescue Offroader dan dilanjutkan dengan menyeberang mengunakan ponton.

Kegiatan dilanjutkan dengan penanganan korban tertimpa tembok roboh. Dalam teknik ini diajarkan oleh bagaimana cara mengevakuasi korban bila terjepit pada dinding tembok. Caranya dengan menggunakan haig live jek dongkrak, yaitu mekanikal advanted. Pada latihan bersama tersebut, juga diajarkan penyelamatan korban dengan naik sepeda motor Trail, dengan cara digendong menggunakan tali seadanya.(wan/jnr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *