Menhan Minta Pelajar SMA Taruna Nusantara Jiwai Nilai-Nilai Bela Negera

by Maret 6, 2019

 

Jakarta, paradigmaindonesia.com – Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu memberikan pembekalan kepada 150 siswa-siswi SMA Taruna Nusantara di Ruang Theatre Gedung Piere Tendean Kemhan, Jakarta, Senin (4/3/2019).
Dalam pembekalannya, Menhan menyampaikan pemuda adalah generasi penerus bangsa yang akan mengambil posisi terdepan dalam mengambil tongkat estafet kepemimpinan yang akan berperan dalam berbagai lembaga penting dan strategis pemerintahan maupun lembaga lain dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Maka itu, kata dia, generasi muda Indonesia harus menjadi generasi yang siap menghadapi berbagai tantangan ke depan. Untuk itu, setiap insan muda dituntut memiliki daya juang tangguh tanpa kenal menyerah dan pekerja keras dengan menjadikan nilai-nilai bela negara sebagai landasan sikap dan perilaku kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
“Diharapkan sebagai siswa SMA Taruna Nusantara yang mengutamakan Tri Wawasan agar kalian dapat memberikan perhatian khusus kepada kondisi rendahnya wawasan kebangsaan dan bela negara kita,” ucap Menhan.
Lebih lanjut Menhan menyampaikan hasil berbagai survei dan penelitian pembentukan kader pemimpin disimpulkan bahwa karakter atau integritas menempati porsi terbesar, sementara ilmu pengetahuan umum dan kemampuan dalam mengambil keputusan hanya sebagiannya.
Aspek pembentukan karakter yang berwawasan Kebangsaan, Kejuangan, dan Kebudayaan yang bercirikan kenusantaraan dalam proses pendidikan di SMA Taruna Nusantara harus terus menjadi prioritas, sehingga ke depan bangsa Indonesia ini akan menjadi bangsa yang besar jiwa dan karakternya.
Menhan juga menyampaikan hakikat bela negara bukan hanya tanggung jawab Kemhan dan TNI semata, tetapi merupakan hak dan kewajiban seluruh rakyat Indonesia.
“Termasuk para siswa semua dengan berkontribusi dalam dunia pendidikan melalui kerja keras dan rajin belajar dalam menggapai prestasi dan cita-cita yang diimpikan,” tandas Menhan. (han/jpp/wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *