Ngaku Anggota TNI, Pria Ini Nipu 4 Wanita via Medsos

by Februari 1, 2018
Hukum 0   362 views 0

Paradigmaindonesia, Pekanbaru – Harlan Irwanto (31), ditangkap polisi karena menipu 4 wanita. Lewat media sosial, pria itu mengaku sebagai anggota TNI AD untuk mengelabui korbannya.

Harlan kini diamankan di Polsek Tampan, Pekanbaru. Pihak kepolisian menyita barang bukti dari tersangka berupa pakaian dinas loreng TNI AD.

“Tersangka kepada korbannya mengaku anggota TNI AD bertugas di kesatuan Arhanudse di Pekanbaru. Setelah kita cek ke Arhanudse, dipastikan tersangka bukan anggota TNI AD,” kata Kapolsek Tampan Kompol Kari Amsah Ritonga kepada wartawan, Rabu (31/1/2018).

Amsah menjelaskan tersangka melakukan aksi penipuannya lewat medsos. Dia mengaku sebagai anggota TNI AD. Lewat medsos, pria beristri dan punya anak ini menyasar para wanita.

“Lewat medsos, tersangka berkenalan dengan para korbannya. Selanjutnya diajak untuk berjumpa,” kata Amsah.

Dalam aksinya, kata Amsah, pelaku bertemu dengan wanita yang dikenalnya lalu mengajak makan atau jalan-jalan.

“Ketika sudah bertemu dengan korbannya, tersangka modusnya meminjam tas korbannya. Selanjutnya tas korban dibawa lari,” kata Amsah.

Masih menurut Amsah, dari hasil penyidikan, ada empat wanita yang menjadi korban tersangka dengan modus yang sama. Kasus ini terbongkar setelah seorang korban inisial IW (28) melaporkan kasus tersebut pada Kamis (25/1) lalu. Korban mengaku tasnya dibawa lari yang di dalamnya ada uang dan HP dengan nilai kerugian Rp 3 juta.

“Dari laporan itu kita melakukan penyelidikan dan akhirnya berhasil menangkap pelaku akhir pekan kemarin,” kata Amsah.

Dari tersangka, pihak kepolisian juga menyita barang bukti berupa pistol mainan. Tersangka melakukan penipuan dan mengambil barang-barang milik korban dengan dalil tuntutan ekonomi.

“Tersangka kita jerat Pasal 378 dan/atau 372 KUHP tentang penipuan diancam lima tahun penjara,” tutup Amsa.

(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *