Pangkoarmada II Hadiri Pembukaan Sail Moyo Tambora 2018

by September 10, 2018
Angkatan Laut Berita Budaya TNI 0   498 views 0

Sumbawa,paradigmaindonesia.com – Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II, Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada (KDJA) II, Ny. Retno Didik Setiyono, menghadiri pembukaan  Sail Moyo Tambora 2018, bertempat di Dermaga Pelabuhan Badas, Sumbawa. Minggu (09/09/2018).

Pangkoarmada II bersama Ketua Daerah Jalasenastri Armada (KDJA) II saat meniup Serunai, alat musik tradisional khas Sumba yang diikuti oleh seluruh peserta yang hadir dalam acara pembukaan tersebut.Menteri Koordinator bidang Kemaritiman RI, Luhut Binsar Panjaitan yang mewakili Presiden RI Ir. Joko Widodo secara resmi membuka acara Sail di Sumbawa ini. Acara pembukaan Sail Moyo Tambora ditandai dengan tiupan Serunai, alat musik tradisional khas Sumba yang diikuti oleh seluruh peserta yang hadir dalam acara pembukaan tersebut.

Upacara pembukaan diwarnai dengan pertunjukan tarian massal dari Sumbawa dan Bima, parade 1.000 perahu tradisional dan diakhiri dengan tarian kolosal yang berjudul Tanjung Menangis. Pada event akbar TNI Angkatan Laut ini, dihadiri juga oleh para yachter dari Internasional Yacht Rally dari berbagai negara yang melewati perairan Indonesia transit di Badas sebelum menuju ke Thailand.

Rangkaian Sail Moyo Tambora 2018 sendiri telah berlangsung sejak 25 Agustus dan akan berakhir pada 23 September nanti.

Dalam menyukseskan acara tersebut, TNI Angkatan Laut telah berperan sangat penting dengan mengerahkan dua unsur KRI, yaitu KRI dr. Soeharso – 990 yang tengah melaksanakan operasi kemanusiaan Surya Bhaskara Jaya (SBJ) – 67/2018, serta KRI Teluk Bintuni – 520 yang digunakan pada kegiatan Pelayaran Nusantara (Pelantara).

Di acara pembukaan ini pula, prajurit TNI AL  berpartisipasi melalui aksi terjun payung melibatkan 18 peterjun dari personel satuan elit Detasemen Jalamangkara (Denjaka). (Dispenkoarmada II/wan/yat)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *