Panglima TNI Bicara Soal Peluang Latihan Bersama Kopasus Saat Bertemu Menteri Pertahanan AS

by Januari 25, 2018
Berita Utama 0   398 views 0

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., menerima Courtesy Call Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat (AS) H.E. Mr. James Norman Mattis didampingi Duta Besar Amerika Serikat H.E. Mr. Joseph R. Donovan, Jr. di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (24/1/2018).

Paradigmaindonesia, Jakarta – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengungkap hasil pertemuan dirinya dengan Menteri Pertahanan AS James Mettis.

Dalam pertemuan tersebut dibicarakan soal latihan bersama Kopasus dengan militer Amerika Serikat

Hal tersebut diungkapkan Hadi usai memimpin Penutupan Rapat Pimpinan TNI tahun 2018 di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (24/1/2018).

“Yang dibicarakan tadi antara Menhan Amerika Serikat dengan saya adalah kita mencari peluang agar kita bisa membuka latihan lagi dengan Kopasus,” kata Hadi.

Ia mengatakan bahwa dalam pertemuan tersebut, dirinya tidak membicarakan terkait kabar adanya sanksi dari Amerika Serikat kepada Kopasus terkait latihan bersama.

“Tidak ada. Tadi saya sudah ketemu Pak Menhan, tidak berbicara soal (sanksi) itu. Yang saya bicarakan tadi dengan Menhan tidak berbicara soal itu jadi hanya berbicara agar bisa membuka latihan bersama dengan Kopassus,” kata Hadi.

Menurutnya, Indonesia memiliki hak yang sama dengan negara-negara terkait yang memiliki hubungan bilateral.

Karenanya, semua negara terkait yang memiliki hubungan bilateral dengan Indonesia dianggap penting.

“Indonesia mempunyai hak yang sama mau latihan dengan siapapun. Mau latihan dengan Amerika, mau latihan dengan Jepang, Australia kan tidak membatasi. Semuanya penting bagi Indonesia, namanya bilateral,” kata Hadi.

Diketahui sebelumnya, Menteri Pertahanan (Menhan) AS James Mattis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengadakan pertemuan pada Rabu (24/1/2018).

(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *