Pengamanan Pemilu Satuan Kodam Siap dan Masih On Call

by Maret 22, 2019
Angkatan Darat Berita TNI 0   183 views 0

 

 

Surabaya,paradigmaindonesia.com – Pelaksanaan Pilpres dan Pileg baru digelar 26 hari lagi tepatnya 17 April 2019. Namun upaya pengamanan di Jawa Timur terus dikoordinasikan antara Polda dan Kodam V/Brawijaya. Guna membantu pengamanan, Pangdam V Brawijaya, Mayjen Tni R Wisnoe Prasetija Boedi ,menegaskan jika saat ini personel dari satuan kodam sudah siap, namun masih on call (siap dipanggil).

“Saat ini untuk bantuan kendali operasi untuk Polda Jatim sudah mulai dilakukan Kodam. Namun untuk pergerakan pasukan belum dilakukan. Saat ini masih menggunakan kekuatan kewilayahan dari Polres dan Kodim. Untuk Satuan di jajaran Kodam yang akan diperbantukan masih on call,” ungkap Pangdam, Jumat (22/3).

Dalam hal pengamanan Pileg dan Pilpres, kata Pangdam, pihaknya menunggu perintah dan permintaan dari kepolisian. “Sesuai normalnya, kami kerahkan dua per tiga dari kebutuhan Polri. Total ada 17.000 personel TNI. Dari TNI AD 14.000 personel, TNI AL 2.500, dan TNI AU 1.000 personel,” jelasnya.

Ia menjelaskan, bantuan pengamanan itu dilakukan dari tahap awal hingga akhir pemilu. “Mulai distribusi logistik Pemilu hingga proses pemilihan dan penghitungan suara dilakukan, pengaman dari TNI siap membantu kepolisian,” ujarnya.

Seperti pengiriman logistik pemilu, kata dia, akan dilakukan beberapa skenario. Ia menyontohkan untuk pengiriman di wilayah kepulauan akan dilakukan menggunakan kapal baik milil Polairud Polda atau dari TNI atau bahkan jika dibutuhkan lewat jalur udara.

Kendati demikian, ia menegaskan bahwa bantuan dari TNI akan tetap siap kapapun dibutuhkan. “Memang kekuatan yang kita kerahkan dari TNI hanya dua pertiga dari personel polisi. Namun jika dibutuhkan, saya pastikan semua prajurit TNI siap bantu pengamanan,” pungkasnya. (yat/jnr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *