SMK KAL-1 Surabaya mulai selenggarakan UKK

by April 1, 2019
Karsa Pendidikan 0   642 views 0

[contact-form][contact-field label=”Nama” type=”name” required=”true” /][contact-field label=”Surel” type=”email” required=”true” /][contact-field label=”Situs web” type=”url” /][contact-field label=”Pesan” type=”textarea” /][/contact-form]

Surabaya, paradigmaindonesia.com – Sesuai peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan nomor 0048/BSNP/XI/2018 tentang Prosedur Operasional Standar penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional tahun pelajaran 2018/2019 , Uji Kompetensi Keahlian (UKK) menguji aspek pengetahuan, ketrampilan, dan sikap dalam satu event penilaian.
Sekolah Menengah Khusus Angkatan Laut SMK KAL-1 Surabaya, Senin (01/4) INI mulai melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bagi siswa kelas XII semua jurusan setelah mereka menempuh USBN dan UNBK beberapa hari yang lalu.
Uji Kompetensi Keahlian (UKK) ini dari keterangan rilis YHT senin 1/4 merupakan bagian dari USBN mata pelajaran kejuruan atau paket keahlian. UKK menyesuaikan dengan kejuruan yang ada, antara lain Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Pemesinan(TPM), Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) dan Teknik Audio Video (TAV) dimana pelaksanaanya dilaksanakan di bengkel masing-masing dengan materi praktek dan interview.
Pelaksanaan UKK bagi SMK KAL-1 melibatkan penguji dari instansi/ perusahaan dari luar, untuk kejuruan Teknik Kendaraan Ringan melibatkan tim penguji dari PT Asco, Prima Mobilindo, kejuruan Teknik Pemesinan tim penguji dari PT Barata, sedangkan kejuruan Teknik Instalasi Tenaga Listrik melibatkan tim penguji dari CV. Mandiri Teknik, PT Pelni Surya dan kejuruan Teknik Audio Video melibatkan tim penguji dari TVRI Stasiun Surabaya.
Tujuan dilaksanakan UKK adalah untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa SMK yang telah menyelesaikan proses pembelajaran sesuai kompetensi keahlian yang di tempuh, memfasilitasi siswa SMK yang akan menyelesaikan pendidikannya untuk mendapatkan sertikat kompetensi, memfasilitasi kerjasama SMK dengan dunia usaha/ industry dalam rangka pelaksanaan Uji Kompetensi sesuai kebituhan dunia usaha dan dunia industry (DUDI).
Sedangkan sasaran yang ingin di capai dalam pelaksanaan UKK adalah terlaksananya proses penilaian bagi seluruh siswa SMK melalui serangkaian kegiatan uji kompetensi yang dilaksanakan secara efektif, efisien dan terukur, serta di terbitkannya sertifikat kompetensi bagi seluruh siswa/ peserta yang di nyatakan kompeten sesuai dengan kompetensi keahlian yang di tempuh.
Materi UKK kejuruan Teknik Kendaraan Ringan meliputi tune up motor injeksi, tune up diesel konvensional, perbaikan transmisi, perbaikan system rem, overhaul engine serta perbaikan system kelistrikan bodi. Materi UKK kejuruan Teknik Pemesianan meliputi 2 paket, paket rumah tap dan paket hendel dimana setiap peserta wajib menyelesaikan ke dua paket tersebut .
Materi Teknik Instalasi Tenaga Listrik meliputi pembuatan instalasi panel control motor listrik 3 phase dengan bintang segi tiga otomatis dan instalasi penerangan serta pembuatan Instalasi control berbasis PLC. Sedangkan untuk materi UKK Teknik Audio Video membuat produk Amplifier dengan IC dengan melalui 3 tahap antara lain membuat simulasi di komputer, assembly dan uji coba produk .
Siswa SMK KAL 1 setelah melaksanakan praktek , mereka melaksanakan interview dengan tim penguji masing-masing yang telah di tunjuk sesuai dengan kompetensi keahliannya, antara lain dengan tim penguji dari PT Asco, Prima Mobilindo, PT Barata, CV Mandiri Teknik , PT Pelni Surya dan dari TVRI (wan/YHT/dar).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *