Tiba di Surabaya, 115 Kopral Taruna AAL Long March Kenali Kota Pahlawan

by Februari 1, 2020

Surabaya, paradigmaindonesia.com – Tiba di Surabaya usai menjalani Pendidikan Dasar Prajurit (Diksarit) dan Pendidikan Integrasi di Resimen Chandradimuka Akademi TNI, Akmil Magelang, 115 orang Kopral Taruna/Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-68 melaksanakan Long March untuk mengenal Kota Pahlawan sebagai home base Taruna AAL mulai depan Kebun Binatang Surabaya (KBS) hingga Kesatrian Bumimoro AAL, Surabaya, Sabtu (1/2) dinihari.

Long March 102 taruna dan 13 Taruni ini, dilepas Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M. didampingi Ibu Asuh Taruna Ny. Eni Edi Sucipto, Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Suaprdi, S.E, Komandan Resimen AAL Kolonel Laut (P) Avianto Rooswirawan, S.E., M.Si beserta staf Resimen AAL lainnya tepat pukul 23.00 di titik start KBS menuju Kampus AAL di Morokrembangan.

Rute Long March yang berjarak 19,2 km ini, dilepas di depan KBS menuju Jl. Raya Darmo – Graha Taruna Bengawan– Jembatan Ujung Galuh – Jl. Ngagel –Jl. Raya Gubeng – Jl. Pemuda – Monumen Kapal Selam – Jl. Yos Sudarso – Balai Kota – Jl. Walikota Mustajab – Jl. Genteng Besar – Jl. Tunjungan – Hotel Majapahit – Jl. Embong Malang – Jl. Blauran – Jl. Bubutan – Tugu Pahlawan – Jl. Kebon Rojo – Jl. Karet – Jl. Kembang Jepun – Jembatan Merah – Jl. Kasuari – Jl. Kalimas Barat – Jembatan Petekan – Jl. Jakarta – Jl. Tanjung Sadari – Jembatan Bungkuk – dan finish di Stadion Wijaya Kusuma Akademi Angkatan Laut Morokrembangan.

Menurut Gubernur AAL, 115 Taruna AAL yang terdiri dari 102 Taruna dan 13 Taruni AAL angkatan ke-68 ini, tiba di Surabaya setelah mereka menyelesaikan Pendidikan Dasar Keprajuritan (Diksarit) yang terintegrasi dengan Taruna Akmil dan AAU di Akademi TNI Magelang.

“Jumat kemarin, mereka telah menjalani Upacara Kenaikan Pangkat dari Prajurit Taruna (Pratar) ke Kopral Tatuna (Koptar) dan telah resmi diserahkan pihak Akademi TNI kepada Akademi Angkatan untuk melaksanakan pendidikan lanjutan,” terang Gubernur AAL.

“Malam ini kalian akan sedikit long march, lebih pendek dibanding dengan jarak Rute Panglima Sudirman (RPS) di Magelang. Rute yang akan kalian lewati nantinya adalah tempat-tempat bersejarah Kota Pahlawan, sehingga kalian harus tahu lokasi lokasi tersebut,” terangnya.

Menurutnya, maksud dilaksanakan Long March bagi para Taruna yunior ini adalah untuk mengenalkan kota Surabaya dengan berbagai situs budaya dan nilai sejarah pada tiap-tiap tempat tertentu, yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa kebanggaan dan kecintaan para Taruna AAL terhadap kota Surabaya tempat dimana mereka akan dididik menjadi seorang perwira TNI. (aal/wan/yat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.