TINGKATKAN KERJA SAMA PERTAHANAN MARITIM, SATGAS PORT VISIT 2019 KUNJUNGI ANGKATAN LAUT DAN MENTERI PERTAHANAN TIMOR LESTE

by Desember 14, 2019

Timor Leste, paradigmaindonesia.com – Satgas IME 19B (Satuan Tugas Port Visit Indonesia Maritim Envoy 19B) melaksanakan kunjungan resmi ke Componente Da Força Naval Ligeria sebutan Angkatan Laut Timor Leste yang berada di Hera Timor Leste, Kamis (12/12) kemarin.

Pada pertemuan perdana ini, pimpinan tertinggi Angkatan Laut Timor Leste Capitao de fragata Joao Da Silva mengucapkan selamat Hari Armada kepada TNI Angkatan Laut dan berharap kerja sama dalam bidang pertahanan maritim dapat berjalan baik terutama dalam berbagai pelatihan militer yang ada di Indonesia.

Sementara itu Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro sebagai pimpinan delegasi TNI AL menyampaikan bahwa Indonesia siap membantu Timor Leste dalam bidang pendidikan ataupun pelatihan militer yang dapat diikuti oleh prajurit angkatan laut mereka.

Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Ivan Yulivan yang ikut serta dalam kunjungan tersebut menyampaikan, jika sudah banyak dari negara tetangga mengikuti pendidikan Sesko setingkat magister selama 10 bulan di TNI AL dengan fasilitas yang ditanggung penuh oleh TNI Angkatan Laut. Hal ini menurut Ivan akan sangat bermanfaat sekali sebagai bekal pembangunan pertahanan maritim bagi negara Timor Leste.

Usai mengakhiri kunjungan dengan pertukaran cenderamata sebagai simbol mempererat hubungan Indonesia dan Timor Leste, Satgas Port Visit 2019 segera melanjutkan kunjungan ke Menteri Pertahanan Republik Demokratik Timor Leste yang berada di Fatuhada.

Kunjungan diterima langsung oleh Menteri Pertahanan RDL Dr. Filomeno da Paixão de Jesus, yang menyampaikan bahwa pada dasarnya pemerintah Timor Leste siap untuk melaksanakan kerja sama dengan Indonesia dan akan mencari waktu yang tepat untuk melaksanakan latihan bersama maupun patroli bersama guna meningkatkan keamanan wilayah perbatasan di Timor Leste dan Indonesia.

Ikut hadir dalam kunjungan antara lain Danguspurla Koarmada III Laksma TNI Rudii Afiantara, Athan RI Kolonel Inf Elvin Tiomada Saragih, Komandan KRI Usman Harun Kolonel Laut (P) Himawan, Komandan KRI Sultan Iskandar Muda Letkol Laut (P) Rasyid dan Perwira Pertama KRI Sultan Iskandar Muda-367. (krmda2/wan/yat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.