TNI Siap “Launching” Kapal Selam Buatan PAL

by September 18, 2018

ilustrasi

Surabaya,paradigmaindonesia – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) menyatakan siap meluncurkan kapal selam buatan PT PAL Indonesia, setelah mendapat kepastian akan diserahterimakan pada Oktober 2018.

Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji kepada wartawan di Surabaya, Senin 17/09 dikutip antara mengatakan kapal selam tersebut adalah pesanan ketiga yang dipercayakan pembuatannya kepada perusahaan galangan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu.

Bedanya, dua kapal selam lainnya pesanan TNI AL yang telah lebih dahulu diserahterimakan pada tahun lalu, dibuat oleh PT PAL Indonesia bekerja sama dengan perusahaan galangan di Korea Selatan.

Dia memastikan untuk pesanan kapal selam TNI AL yang ketiga ini seluruhnya dibuat dan dirakit di galangan PT PAL Indonesia yang berlokasi di kawasan Tanjung Perak Surabaya, setelah mendapat transfer teknologi dari pembuatan dua kapal selam lainnya di perusahaan galangan Korea Selatan.

Dengan begitu, kapal selam pesanan ketiga, yang telah mendapat kepastian akan diserahterimakan oleh PT PAL Indonesia kepada TNI AL pada bulan Oktober mendatang ini, sepenuhnya adalah karya anak bangsa.”Akhir tahun ini, sekitar bulan Oktober, akan kami `launching? kapal selam buatan PT PAL Indonesia itu,” katanya.

Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji di Surabaya, Senin (17/9)

Laksamana Siwi menandaskan, TNI AL memang sedang mengembangkan kekuatan alat utama sistem persenjataan (alutsista) hingga tahun 2024.”Secara kontinu kami mengganti kapal-kapal perang yang sudah `down grade’. Bertahapkekuatan alutsista kami lengkapi,” katanya.

Selain kapal selam, TNI AL sejak sekitar lima tahun yang lalu juga telah memesan alutsista berupa kapal perang lainnya kepada PT PAL Indonesia, seperti jenis “Landing Platform Dock” (LPD) dan kapal cepat rudal (KCR), yang beberapa di antaranya selama dua tahun terakhir telah diserahterimakan. “Beberapa kapal perang yang sudah diserahterimakan dari PT PAL sudah kami operasikan,” ucap Laksamana Siwi. (ant)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *