Wadan Kodiklatal Buka Tiga Program Pendidikan Perwira

by Februari 16, 2019

 

Surabaya, paradigmapindonesia.com- Wakil Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan laut (Wadan Kodiklatal) Laksma TNI Sugeng Ing Kaweruh, S.E., M.M mewakili Komandan Kodiklatal Laksda TNI Dedy Yulianto secara resmi membuka tiga program Pendidikan Perwira Ta 2019 yang dilaksanakan di gedung Moeljadi Kesatrian Bumimoro Kodiklatal.

Rilis dari Kodiklatal, (15/2) ketiga Program pendidikan tersebut adalah Pendidikan Lanjutan Perwira (Diklapa) TNI AL Angkatan ke-28 yang diikuti 98 orang perwira, Pendidikan Matra 1 yang diikuti 25 orang perwira dan Pendidikan Aplikasi 1 yang diikuti 24 orang perwira.

Komandan Kodiklatal Laksda TNI Dedy Yulianto dalam sambutan yang dibacakan Wadan Kodiklatal Laksma TNI Sugeng Iong Kaweruh, S.E., M.M menyampaikan bahwa pendidikan lanjutan perwira (Diklapa) yang akan dilaksanakan selama tujuh bulan terse but terdiri jurusan komando umum (Koum), bantuan tempur (banpur) dan komando tempur (Kopur). Secara umum, tujuan diklapa yaitu mendidik dan membekali perwira TNI/TNI AL menjadi prajurit pejuang sapta marga yang memiliki kesamaptaan jasmani serta profesionalisme matra laut, dengan pengetahuan taktis operasi dan manajerial staf,

Sedangkan Dikmatra-1 yang akan dilaksanakan selama dua bulan dengan tujuan untuk memberikan pendidikan profesi matra laut bagi perwira yang telah mengikuti dikspespa di luar tni angkatan laut, agar dapat melaksanakan tugas sebagai perwira divisi di kri, dankiyon, kaur di mabesal atau jabatan lain yang setingkat. Demikian pula dikaplikasi-1 akan dilaksanakan selama dua bulan dengan tujuan untuk mendidik perwira siswa agar memiliki kemampuan administrasi umum, perencanaan umum, perbekalan dan pembinaan personel.

Lebih lanjut disampaikan dalammenghadapi tantangan tugas tni/tni angkatan laut ke depan yang semakin kompleks seiring dengan dinamika perkembangan lingkungan strategis global, regional dan nasional serta kebijakan pemerintah “menjadikan indonesia sebagai poros maritim dunia”, menuntut kodiklatal mampu menghasilkan output yang berkualitas tidak saja pada bidang yang menjadi embanan tugasnya, namun hasil didik kodiklatal harus memiliki nilai lebih, baik kadar profesionalitas, kedewasaan berpikir maupun kadar moralitas, bila dibandingkan dengan sebelum mengikuti pendidikan. Itu semua, sebagai upaya kodiklatal mewujudkan visi tni al yang profesional dan modern serta berkemampuan proyeksi regional dan berkomitmen global.

Sehubungan dengan hal tersebut, keberhasilan para siswa mencapai tujuan dan sasaran pendidikan, tidak hanya ditentukan oleh kualitas para tenaga Pendidik saja, melainkan peran serta siswa sangat berpengaruh, karena sebaik apa pun sistem pendidikan dirancang, apabila tidak ada kerja sama yang baik antara tenaga pendidik dan peserta didik, maka hasilnya tidak akan sesuai dengan yang kita harapkan bersama.

Oleh karena itu, untuk mewujudkan keberhasilan pendidikan dalam meningkatkan kualitas perwira tni/tni al yang bermoral, profesional dan berani, para perwira siswa harus dapat mengembangkan kemampuan diri dalam kompetisi yang sehat dan dinamis. Harus berani berubah sepanjang perubahan tersebut untuk kemajuan diri dan organisasi serta selalu berorientasi pada kepentingan bangsa, negara dan tni al, karena hanya para perwira yang memiliki kemauan dan dedikasi tinggi sajalah yang dapat mengembangkan karier di masa mendatang.

Hadir dalam pembukaan tersebut para pejabat Utama Kodiklatal diantaranya Direktur Pendidikan dan latihan (Dirdiklat) Kodiklatal, Direktur Doktrin (Dirdok), Direktur Umum (Dirum), Direktur pengkajian dan Pengembangan (Dirjianbang)Kodiklatal, para Komandan Kodik, Inspektur Kodiklatal, Para Komandan Puslat dan para Komandan Pusdik dijajaran Kodiklatal. (wan/yat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *