Wadan Kodikopsla Kodiklatal Buka Orientasi Siswa Pelaut

by Desember 28, 2019

Surabaya,paradigmaindonesia.com – Wakil Komandan Komando Pendidikan Operasi Laut (Wadankodikopsla) Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal) Kolonel Laut (P) Phundi Rusbandi mewakili Komandan Kodikopsla Kodiklatal Laksamana Pertama TNI Irwan Achmadi, M.Tr, (Han) secara resmi membuka masa orientasi siswa Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AL Angkatan ke-49 kejuruan Pelaut dan Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) Angkatan ke39 Gelombang 1.
Dalam siaran pers Kodiklatal 27/12 pembukaan Orientasi yang dilaksanakan di lapangan Apel  Kodikopsla Ujung Surabaya tersebut dihadiri para Pejabat Utama Kodikopsla diantaranya para Komandan Pusdik dan para Komandan Sekolah di Jajaran Kodikopsla Kodiklatal.

Orientasi sekaligus pendidikan awal kejuruan pelaut tersebut diikuti 110 Siswa dari dua program pendnidikan yaitu 54 orang siswa Diktukpa kejuruan Pelaut dan 56 orang siswa Dikmaba terdiri kejuruan Bahari, navigasi, Komunikasi, Senjata Bawah Air, kejuruan Senjata Atas Air, Listrik Pesawat Udara dan Mesin Pesawat Udara.

Komandan Kodikopsla Laksamana Pertama TNI Irwan Achmadi, M.Tr, (Han) dalam sambutan yang dibacakan Wadan Kodikopsla mengucapkan selamat datang dan selamat belajar sesuai Korps yang dimiliki untuk menempuh pendidikan kejuruan di Sekolah-sekolah yang berada di bawah Pusdikpel Kodikopsla Kodiklatal.

Menurutnya,  orientasi sebelum proses belajar mengajar digelar dimaksudkan untuk  pengenalan dan penyegaran kembali siswa Diktukpa angkatan ke-49, sedangkan bagi siswa Dikmaba orientasi ini pengenalan lembaga pendidikan setelah sebelumnya mengalami pendidikan dasar kemiliteran yang berat di Puslatdiksarmil.

Lebih lanjut disampaikan bahwa Orientasi yang akan berlangsung beberapa hari, ini sebagai pengenalan sturktur organisasi dan pejabat di lingkungan Sekolah, Pusdik maupun Kodik baik sekolah yang berlokasi di Ujung dan Bumimoro serta senerbal di Juanda.

Kepada para siswa, Dankodiopsla ini berharap, selama menempuh pendidikan, para siswa harus mampu merubah pola sikap, pola pikir dan pola tindak sebagai prajurit TNI AL yang memiliki tanggung jawab, jiwa korsa, bermoral, berani dan professional sebagai tulang punggung kesatuan. Selain itu ia juga berharap,  dengan waktu pendidikan yang relatif singkat dan kegiatan yang sangat padat agar siswa senantiasa menjaga kesehatan baik fisik maupun mental selama menjalani pendidikan kejuruan di  sekolah-sekolah yang berada di bawah Pusdikpel Kodikopsla.(kdkltl/wan/yat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.