Wagub AAL Pimpin Upacara Pembukaan UAS Taruna

by Januari 7, 2020

Surabaya, paradigmaindonesia.com- Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut (Wagub AAL) Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E. mewakili Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M. memimpin Upacara Ujian Akhir Semester (UAS) ganjil Taruna/Taruni AAL Tingkat IV, III serta Tingkat II Tahun 2019/2020 di lapangan Banda AAL, Bumimoro Surabaya, Senin (6/1).

Dalam upacara tersebut, Wagub AAL yang membacakan amanat Gubernur AAL mengatakan, sekembalinya cuti akhir tahun 2019 ini, para Taruna harus segera menyesuaikan diri dengan kehidupan Korps Taruna serta mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian akhir semester (UAS) ganjil TA. 2019/2020. “Optimalkan sisa waktu yang ada, untuk belajar dan belajar agar tidak terdapat penyesalan dikemudian hari. Ingat, kalian hidup diera digital yang identik dengan kecepatan dan peopleless, pintar saja belum cukup, apalagi tidak pintar dan lebih parah lagi tidak berusaha membekali diri, maka kalian akan segera tergilas dengan waktu dan kecepatan”.

“Baru saja kita saksikan bersama, penyematan tanda peserta ujian akhir semester ganjil TA. 2019/2020 sebagai tanda dimulainya rangkaian pelaksanaan ujian. Kegiatan ini, sudah menjadi agenda Akademi Angkatan Laut dan merupakan wujud perhatian lembaga sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas, kebanggaan, kelancaran, ketertiban dan kesuksesan dalam proses uji materi kemampuan Taruna/Taruni atas pelajaran yang telah diterima di Akademi Angkatan Laut”, kata Gubernur AAL.

Gubernur AAL juga menyampaikan, tujuan dari pelaksanaan ujian akhir semester ini akan digunakan sebagai dasar para meter bagi seluruh jajaran lembaga pendidikan dalam mengukur tingkat kualitas dan kwantitas, baik kepada peserta didik maupun pendidik dalam menjalankan kegiatan pendidikan, serta proses belajar mengajar di AAL. “Diharapkan, kegiatan ujian akhir semester ini dapat dilaksanakan dengan tertib, teratur dan disiplin sehingga dapat dicapai program pendidikan yang maksimal”.

“Saya ingin menekankan kembali bahwa tugas pokok Taruna/Taruni adalah belajar dan berlatih. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menghadapi pelaksanaan ujin akhir semester ini, yaitu 1. Jaga kesehatan, baik kesehatan jasmani maupun rohani, 2. Persiapkan diri sebaik-baiknya dalam menghadapi pelaksanaan UAS, ingat tidak ada waktu dan kesempatan pengulangan yang sama, 3. Belajar dan kuasai materi pelajaran yang sudah diberikan oleh para dosen supaya dapat meraih hasil nilai yang maksimal, 4. Taati semua peraturan, saya ulangi taati semua peraturan yang sudah ditetapkan oleh lembaga dan hindari tindakan-tindakan yang akan merugikan diri sendiri, 5. Manfaatkan dan optimalkan waktu yang ada, walau dipeluk ngantuk, dari pada mandi air mata karena penyesalan yang mendalam, dan 6. Selalu berdoa, memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar pada saat melaksanakan ujian diberikan kemudahan belajar, menuangkan pikiran dalam menjawab dan berjalan lancar serta mendapat nilai yang memuaskan”, pesan Gubernur AAL kepada Taruna/Taruni AAL peserta UAS pada upacara pembukaan UAS.

Ditambahkan, kepada para pengawas, pendukung dan penindak. Ada beberapa hal, yang perlu diperhatikan dan dilaksanakan, yaitu 1. Laksanakan proses ujian secara sportif, jujur dan tegas, 2. Laksanakan pengawasan ujian sesuai dengan tata tertib yang sudah ditetapkan, 3. Berikan motivasi kepada Taruna/Taruni agar selalu bersemangat dalam mengerjakan soal UAS, 4. Berikan sanksi tegas kepada Taruna/Taruni yang melanggar aturan ujian sesuai dengan ketentuan, 5. Membiarkan peserta ujian melanggar ketentuan, berarti meracuni calon pemimpin yang akan memimpin organisasi TNI AL. “Dalam hal ini, Gubernur AAL, selain sebagai penanggung jawab menjaga kualitas hasil didik, juga bertindak tegas terhadap para pengawas, pendukung dan penindak”.

“Semoga proses pelaksanaan ujian akhir semester ganjil TA.2019/2020 ini berjalan aman, tertib, lancar dan berhasil dengan nilai yang memuaskan, serta senantiasa Tuhan Yang Maha Esa, melimpahkan taufik dan hidayah-Nya kepada kita semua, dalam melaksanakan setiap tugas dan pengabdian kepada Bangsa dan Negara tercinta”.

Upacara yang dikomandani oleh Letkol Laut (KH) Rimbun ini, dihadiri, seluruh pejabat utama, prajurit san PNS serta para Taruna/Taruni Tingkat IV, III dan II di jajaran Akademi Angkatan Laut beserta para pendukung lain.(wan/aal/yat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.