6.Kelurahan di Kec. Rungkut mendapat Sertifikasi Kelurahan Bersinar

by November 24, 2023

PI – Surabaya, Gaman (Gerakan Masyarakat Anti Penyalahgunaan Narkoba) Semeru Indonesia (GSI) sinergi secara maraton dengan BNN Kota Surabaya dalam mensosialisasikan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba diwilayah Kerja Kecamatan Rungkut Kota Surabaya yang terdapat salah satu Kelurahan berkategori Zona Merah. Kali ini agenda kegiatan di Kelurahan Medokan Ayu adalah Kelurahan terakhir yang ada di Rungkut untuk jadwal safari Gaman Semeru dengan narasumber Novi Eva Afiana, S.I.Kom, Penyuluh Muda BNN (Badan Markotika Nasional) Kota Surabaya (23-11-2023).

Maskur, SH.MH, Camat Rungkut dalam sambutannya sekaligus membuka Sosialisasi P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika) menyampaikan , “Gaman Semeru yang bersinergi dengan BNN Kota Surabaya telah melaksanakan Sosialisasi P4GN di seluruh kelurahan di Kecamatan Rungkut, saya berharap tidak berhenti disini info-info yang kita terima dari BNN Kota Surabaya maupun Gaman Semeru agar manfaatnya dapat dirasakan juga oleh saudara-saudara kita, tetangga dilingkungan masing-masing, kami juga berharap agar dengan bantuan Gaman Semeru dan BNN Kota Surabaya untuk Kelurahan di wilayah kerja kecamatan Rungkut mendapatkan lebel Kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba. Red),” ucap.nya. Lurah Medokan Ayu, Zainul Abidin, S.Sos juga mengatakan, “dengan adanya Sosialisasi P4GN ini saya berharap dapat kita teruskan ke lingkungan wilayah RT RW Bapak Ibu yang hadir malam ini, karena wilayah kita ini masuk 24 Kelurahan yang rawan akan penyalahgunaan Narkoba”, tegasnya. Ia juga menambahkan pentingnya untuk kita serap informasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba ini salah satunya yang di serang adalah saraf otak bagi yang menyalahgunakan pemakaian narkoba.

Babinsa Koramil 0831/05 Rungkut, Serda Ahmad Qodri saat dimintai komentar tentang sosialisasi tersebut mengatakan , “saya Serda Qodri Babinsa Kelurahan Medokan Ayu pada malam hari ini sosialisasi P4GN dari BNN Kota Surabaya dan Garman Semeru yang mana pada malam hari ini karang taruna, Ketua RW, Ketua RT, KSH generasi penerus bangsa agar diharapkan meneruskan sosialisasi ini kepada kawan-kawan atau kerabatnya terdekat tentang bahayanya narkoba wilayah ini termasuk wilayah teritorial dari Koramil 0831 05 Rungkut semoga bagi seluruh Pemuda bagi orang-orang tua yang hadir pada malam hari ini menyampaikan bahayanya narkoba ini kepada anak-anak “, tegasnya. Sosialisasi yang dihadiri oleh Ketua RW, Ketua RT, Kader Surabaya Hebat (KSH) serta Karang Taruna tersebut dengan tema, “PAHAMI CARA BARU PENYEBARAN NARKOBA ” dari Bidang Ahli penyuluh Muda BNN Kota Surabaya.

Ketua Umum DPP Gaman Semeru, Dadang Buana menegaskan, “sosialisasi Gaman Semeru kami sampaikan ke Bapak Ibu bahwa Gaman Semeru tidak ada biaya apapun, hanya air mineral atau kopi saja seikhlasnya”, tutupnya dalam sambutan yang didampingi oleh Sekjen Gaman Semeru, Mikhael Markus. Lima jenis narkoba yang banyak dikonsumsi, adalah (1) ganja, (2) sabu, ekstasi dan amphetamine, (3) dextro, (4) nipam, (5) pil koplo. Mayoritas jenis narkoba yang pertama kali dikonsumsi adalah ganja (59,1%), shabu (23,8%), dan dextro (4,3%). Rata-rata umur pertama kali menggunakan narkoba adalah 19 tahun tinggal di perdesaan dan 20 tahun menetap di perkotaan. Hal tersebut disampaikan oleh narasumber dari BNN Kota Surabaya yang di mulai dari pukul 19:10 wib hingga pukul 21:20 wib .(Mark|Harsono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.