749 Prajurit Satdik Kodiklatal Ikuti Latihan Pemadaman Kebakaran di Puspeknubika

by Agustus 16, 2022

PI –  Surabaya, 16 Agustus 2022, Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan profesionalisme di bidang penanggulangan bahaya kebakaran, 749 Prajurit Satuan Pendidikan (Satdik) Komando Pembinaan Doktrin pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) mengikuti latihan Penanggulangan kebakaran di Pusat Penanggulangan Kebakaran, Nuklir, Biologi dan Kimia (Puspeknubika), Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikduku), Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya. Selasa, (16/8).

Lattek tersebut merupakan rangkaian kegiatan dari Pekan Integrasi Satdik-satdik jajaran Kodiklatal yang digelar dari tanggal 11-17 Agustus 2022. Dari 749 siswa tersebut, terdiri dari Satdik-1 Tanjung Uban sebanyak 249 siswa, Satdik-2 Makassar sebanyak 250 siswa, dan Satdik-3 Sorong sebanyak 250 siswa. Para siswa ini merupakan program Dikmaba dan Dikmata TNI AL Angkatan 42 Tahun 2022.

Lattek pemadamanan kebakaran diawali dengan pemberian materi oleh instruktur dari Puspeknubika kepada seluruh peserta, dilanjutkan dengan pengenalan terhadap alat-alat yang digunakan dalam penanggulangan kebakaran baik api kecil, sedang dan penanggulangan api besar baik di gedung, kapal perang maupun pesawat udara.

Adapun dalam latihan tersebut para peserta mempraktekan langsung penanggulangan kebakaran skala kecil dan sedang dengan menggunakan Alat Pemadam Ringan (Apar) Puspeknubika. Dalam pelaksanaannya, Latihan pemadaman kebakaran dibagi dalam tiga gelombang, yaitu gelombang pertama Satdik 1, gelombang kedua Satdik 2 serta gelombang ketiga siswa Satdik 3.

Kegiatan Pekan Integrasi bertujuan untuk menjalin komunikasi dan memelihara tali silaturahmi diantara siswa Dikmaba dan Dikmata angkatan ke-42 TA 2022 Kodiklatal, dan sebagai upaya untuk mewujudkan soliditas dan integrasi yang kuat diantara siswa bahwa mereka adalah satu angkatan serta untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman tentang Kotama TNI AL di Surabaya sebagai bekal mereka dalam melaksanakan tugas.

Pekan Integrasi Siswa merupakan upaya mewujudkan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, yang selama ini senantiasa ditekankan oleh Komandan Kodiklatal Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono, yakni membangun sumber daya manusia TNI AL yang unggul dan profesional.

(Pen/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.