Belajar Berdiplomasi, Taruna AAL Satlat KJK 2021 Silaturahim Forkompimda Kaltara

by September 18, 2021

Paradigmaindonesia – Surabaya, KJK 2021 (18/09/21), Pada persinggahannya dietape ke-7 Kota Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara), Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat III Angkatan ke-68 yang tergabung dalam Satuan Latihan Kartika Jala Krida (Satlat KJK) 2021 didampingi Komandan KRI Bima Suci dan Palaklat KJK 2021, belajar berdiplomasi dengan bersilaturahmi ke beberapa Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Provinsi Kaltara, Sabtu (18/9).

 

Menurut Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) KJK 2021, Letkol Laut (P) Pungki Kurniawan, M.Tr. Opsla mengatakan, pelaksanaan silaturahmi ini, dibagi dalam lima kelompok dan tiap-tiap kelompok terdiri dari 5 Taruna dan didampingi oleh Perwira Lantamal Xlll Tarakan, perwira Staflat maupun perwira dari KRI Bima Suci.

Kelompok pertama ke Kantor DPRD Prov. Kaltara di terima Ketua DPRD, Nur Hayati. Kemudian Tim kedua ke Kodim 0907 Tarakan, diterima Dandim 0907, Letkol inf. Reza Fajar. Tim ketiga ke Polres Tarakan diterima Kapolres Tarakan, AKBP Filol Praja.M. Tim selanjutnya ke kantor Walikota Tarakan yang diterima Wawali Kota Tarakan, Efendhi Djuprianto, dan ke Lantamal XIII Tarakan, diterima Wadan Lantamal XIII, Kolonel Marinir Nur Azis, S.E., M.M.

Kunjungan ke Walikota Tarakan dan Danlantamal XIII dipimpin langsung oleh Dansagas KJK tahun 2021, Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr. Hanla., di dampingi Palaklat KJK Taruna AAL Angk 68 Th 2021.

Dalam setiap kunjungan kehormatan ke Forkopimda maupun instansi TNI/Polri lanjutnya, ketua rombongan menyampaikan bahwa salah satu tujuan kedatangan Satlat KJK ke kota Tarakan adalah dalam rangka latihan praktek astronomi dan navigasi lingkar besar serta membentuk karakter dan profesionalisme sebagai calon-calon pemimpin TNl/TNI AL masa depan yang tangguh, tanggon dan trengginas.

Selain itu juga sebagai sarana promosi, menggugah dan memanggil pemuda di penjuru negeri, termasuk di Tarakan untuk mengabdikan dirinya kepada Nusa dan bangsa dengan bergabung menjadi prajurit TNI AL.

Untuk menjalin rasa keakraban dengan pemerintah Tarakan serta wujud rasa terima kasih karena telah diterima dengan penuh kehangatan di kota Tarakan, maka Satlat KJK Taruna AAL ini melaksanakan silaturahim ke Forkopimda dan Intansi TNI/Polri di Tarakan.

Wakil Walikota Tarakan mengatakan, kota Tarakan merupakan kota pelajar yg ada di Kaltara dan sejarah kota Tarakan TNI AL mempunyai andil yang besar dalam mengamankan kedaulatan negara Kesatuan RI, karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat luas dan Kaltara merupakan pulau yang berbatasan langsung dengan negara tetangga.

Hal senada juga diungkapkan Wadan Lantamal XIII Tarakan, agar para Taruna selalu menjalin hubungan baik kepada senior maupun yunior. Ia juga menekankan agar para Taruna disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Sebelum silaturahim ke Forkopimda, Taruna Satlat KJK 2021 juga melaksanakan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Dwikora Jl. Kusuma Bangsa, Kota Tarakan dan bakti sosial dengan mengunjungi dan menyantuni anak yatim di Panti Asuhan Berkah Ar – Rahim di Jl. Kusuma Bangsa RT. 07 RW. 43 Kel. I. Gunung Lingkan Kaltara.

Selain itu juga melaksankan anjang sana dan menyerahkan taliasih kepada Ny. Sutarti (istri Alm. Serma Mar Luwari) di Komplek TNI AL RT. 02 Kel. Pamusian Tarakan Kaltara.

(Pen/yat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *