Bersama Forkopimda, Dandim Bojonegoro ikuti Rakornis TMMD 115 Tahun 2022

by September 30, 2022

PI – MOJOKERTO, Komandan Kodim (Dandim) 0813 Bojonegoro, Letkol Arm Arif Yudo Purwanto, bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bojonegoro, mengikuti Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 115 tahun 2022 di Ruang Data Markas Korem 082 Citra Panca Yudha Jaya, Mojokerto, Kamis (29/9/2022).

Rakornis ini dipimpin langsung Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat (Aster Kasad), Mayjen TNI Karmin Suharna, S.I.P., M.A., secara virtual dari Mabesad Jakarta. Kegiatan Rakornis juga diikuti para Bupati/Walikota beserta Forkopimda dan Kepala Bappeda serta para Danrem dan Dandim yang wilayahnya masuk dalam program TMMD ke- 115 tahun 2022.

Selaku Pati Bidang Perencanaan Penanggung Jawab Operasional (PJO) TMMD, Aster Kasad Mayjen TNI Karmin Suharna, S.I.P., M.A., dalam sambutannya menyampaikan bahwa Rakornis TMMD ini merupakan tahapan persiapan, sebelum dilakukan pelaksanaan TMMD. “Tujuannya untuk membahas program yang dapat disinergikan pada pelaksanaan TMMD ke-115,” ujarnya.

Diungkapkan juga bahwa program TMMD ke- 115 ini akan dilaksanakan secara serentak di 50 kabupaten/kota, yang pelaksanaannya dimulai pada 11 Oktober sampai dengan 9 November 2022 mendatang. Menurut Aster Kasad, bahwa program TMMD akan lebih mudah dan lebih maksimal hasilnya apabila dilaksanakan secara bersama-sama. TNI AD sebagai salah satu komponen kecil yang punya kontribusi tanpa didukung oleh kementerian terkait dan seluruh komponen masyarakat yang memang membutuhkan peningkatan kesejahteraan tentu pelaksanaannya tidak akan maksimal.

“Tapi ketika hal ini kita lakukan bersama, kita bahu-membahu, sama sama melangkah, tanggung jawab yang kita laksanakan sesuai dengan cita-cita dan tujuan pembangunan nasional yang termaktub dalam UUD 1945 alinea ke- 4, Insyaallah pelaksanaanya bisa lebih bagus,” kata Mayjen TNI Karmin Suharna, S.I.P., M.A.

Diakhir sambutannya, Aster Kasad, menyampaikan bahwa pada pelaksanaan program TMMD ke- 115 tahun ini juga akan dilaksanakan Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) yang akan diikuti oleh para Dansatgas TMMD, para Wartawan cetak, online dan elektronik baik nasional maupun daerah. “Agar para Dansatgas yang dilapangan mempedomani ketentuan dan tujuan dilaksanakannya lomba karya jurnalistik, sehingga nantinya publikasi kegiatan TMMD ke- 115 tahun 2022 bisa lebih masif,” tutur Mayjen TNI Karmin Suharna, S.I.P., M.A.

Sementara itu, usai melaksanakan Rakornis, Dandim 0813 Bojonegoro, mengatakan bahwa kegiatan Rakornis TMMD dilaksanakan sebagai sarana untuk berkoordinasi dan berkomunikasi secara teknis, berdiskusi, serta menyinkronkan berbagai program Kementerian/LPNK yang dapat disinergikan dalam pelaksanaan program TMMD yang tahun ini mengusung tema “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun Negeri”.

“Dengan adanya kegiatan Rakornis ini, diharapkan ada saran, masukkan, dan ide-ide yang kreatif, inovatif, serta konstruktif dalam rangka mendorong upaya peningkatan dan pengembangan program TMMD ke depannya,” kata Letkol Arm Arif Yudo Purwanto.

Ditambahkan, bahwa program TMMD dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan wawasan kebangsaan dan meningkatkan kesadaran bernegara, sehingga tercipta situasi yang kondusif, terwujud kepatuhan hukum daya tangkal dan perlawanan wilayah dalam menghadapi ancaman dan gangguan serta terciptanya pertahanan darat yang tangguh.

“Jadi program TMMD ini bukan semata membangun sarana fisik bagi masyarakat, akan tetapi juga membangun semangat dan percaya diri masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki serta kesiapsiagaan menghadapi setiap ancaman dan tantangan yang sedang dihadapi,” pungkas Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Arm Arif Yudo Purwanto.

(Kp/yat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.