Civitas Akademika STTAL Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-114 di Kampus STTAL Bumimoro.

by Mei 21, 2022

TNI AL- STTAL.Surabaya, Seluruh Civitas Akademika STTAL melaksanakan upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-114 Tahun 2022 dengan Inspektur upacara Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M. Phil., M. Tr.Opsla, dan Komandan upacara Mayor Laut (KH) Zainal Syahlan, S.T., M. Kom., didukung pasukan upacara terdiri dari Antap dan mahasiswa teknokrat STTAL dengan tetap laksanakan prokes dilapangan Kampus STTAL Bumimoro Surabaya. Jumat (20/5/2022)

Kegiatan upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional Ke-114 Tahun 2022 dengan mengusung tema ^*Ayo.Bangkit Bersama*’.Pada upacara diawali laporan Danup kepada inspektur upacara, penghormatan , upacara penaikan bendera merah putih, pembacaan teks Pancasila oleh Irup di ikuti pasukan upacara, pembacaan teks UUD 45, pengucapan Sapta Marga dan pembacaan Panca Prasetya Korpri.

Amanat Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate yang dibacakan Komandan STTAL Mengatakan Tahun ini kita memperingati hari Kebangkitan Nasional yang ke-114. ” Ayo Bangkit Bersama” menjadi tema peringatan hari kebangkitan nasional sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari Pandemi Covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir.

Pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai hari bangkitnya nasionalisme Indonesia. Di masa itu terdapat ancaman perpecahan antar golongan dan ideologi ditengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin berkuasa. Sehingga semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa.

Boedi Oetomo adalah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan modern dalam sejarah pergerakan kemerdekaan. Tujuan didirikannya Boedi Oetomo tercetus dalam konggres pertamanya yakni untuk menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat dengan fokus bidang pendidikan, pengajaran dan kebudayaan.

(Pen/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.