DIATAS GELADAK KRI TELUK WEDA, KOMANDAN PASMAR 3 IKUTI UPACARA TABUR BUNGA HARI DHARMA SAMUDERA

by Januari 15, 2022

Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto, S.E., mengikuti kegiatan upacara tabung bunga dalam rangka peringatan Hari Dharma Samudera tahun 2022 yang berlangsung di atas Geladak KRI Teluk Weda-526 yang sandar di Dermaga Lantamal XIV, Jl. Bubara, No. 1., Klaligi, Kota Sorong, Papua Barat, Sabtu (15/01/2022).

Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tanggal 15 Januari ini bertujuan untuk mengenang pertempuran yang terjadi di Laut Arafuru antara Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) yang dipimpin oleh Komodor Yos Sudarso dengan Angkatan Laut Belanda dalam pembebasan Irian Barat dari penguasaan Belanda.

Upacara diawali dengan penghormatan pasukan kepada arwah para pahlawan yang dipimpin langsung oleh Inspektur Upacara Kas Koarmada III LaksmaTNI Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M., dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta.

Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Laut yang dibacakan oleh Kepala Staf Koarmada III ngatakan bahwa momentum peringatan Hari Dharma Samudera kali ini kiranya memacu kita untuk menghayati, meresapi dan meneladani nilai-nilai patriotisme, heroisme serta kepemimpinan yang telah diwariskan oleh para pejuang samudera dalam pengabdiannya kepada bangsa dan negara.

Tidaklah mengherankan bila sejak dahulu kala, berbagai bangsa berusaha untuk dapat memegang kendai, bahkan menguasai wilayah nusantara. Sejarah panjang perjuangan bangsa juga telah membentuk dan melahirkan semangat patriotisme, semangat rasa cinta kepada tanah air karena perjuangan bangsa Indonesia dilaksanakan disemua palagan baik di darat, udara dan juga di laut.

Lebih lanjut dikatakan, selaras dengan semangat “Jalesveva Jayamahe” saya berharap agar setiap peringatan Hari Dharma Samudera dapat menginspirasi bangsa Indonesia untuk terus membangun dan membangkitkan kembali kejayaan sebagai bangsa pelaut, bangsa yang irama nafasnya seiring dengan gelombang samudera.

Pada puncak kegiatan dilaksanakan pelarungan bunga ke laut sebagai simbol penghargaan kepada para pahlawan pengawal samudera yang telah rela berkorban jiwa dan raga demi menjaga kedaulatan NKRI.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kapoksahli Koarmada III Laksma TNI Budi Jatmiko, S.T., M.A.P., CHRMP, Danlantamal XIV Laksma TNI Imam Musani, Askomlek Koarmada III Kolonel Laut (E) M. Rohman, para Dansat Koarmada III, Asops Danlantamal XIV Kolonel Laut (P) Indra Joko Rerangin, Aslog Danpasmar 3 Kolonel Mar Gunawan Tri Utomo, Dandim 1802/Sorong Letkol Inf Tody Irmansyah, Kasipers Kasrem 181/PVT Letkol Arh Hany Mahmudi, S.E., Kapolresta Sorong AKBP Ary Nyoto Setiawan, S.IK., MH, serta pengurus Jalasenastri wilayah Sorong.

(Pen/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.