Dosen Teknokrat STTAL Nara Sumber di Mabes TNI AD

by Oktober 14, 2021

Paradigmaindonesia – Jakarta, Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) merupakan lembaga pendidikan kedinasan yang mengemban pengembangan fungsi Iptek dan telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Di STTAL terdapat Program Studi S2 Analisa Sistem dan Riset Operasi, dimana Outcome (hasil didik) atau lulusan STTAL saat ini telah bekerja dan berkarya di berbagai satuan baik satuan operasional maupun lembaga pendidikan di lingkungan TNI/Polri dengan kompetensi yang dapat diandalkan oleh organisasinya masing-masing.


Untuk itu, Komandan STTAL Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil., M.Tr.Opsla., mendukung dan mengapresiasi Dosen Teknokrat Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) menjadi Narasumber pada acara Pembekalan Analisa Sistem dan Riset Operasi Dalam Rangka Pertahanan Matra Darat TA. 2021, yang secara resmi dibuka Asrena Kasad, Mayjen TNI Hendrasto Joko S., S.E., M.M., yang diwakili oleh Waasrena Kasad Bidang Perencanaan, Brigjen TNI Dadang Arif Abdurahman, S.E., M.Si., bertempat di Rupat Asrenaad Mabes TNI AD Jakarta. Kamis (14/10/2021)

Dosen Teknokrat STTAL tersebut antara lain; Sebagai pengantar materi Asro disampaikan oleh Kaprodi S2 Asro STTAL, Letkol Laut (KH) Dr. Eko Krisdiono, S.T., M.T., yang juga sebagai Moderator dan materi tentang Aplikasi Asro Dalam Perspektif Military Case Study disampaikan oleh Kadeprenalog STTAL, Letkol Laut (T) Dr. Okol Sri Suharyo, S.T., M.T., sedangkan untuk materi tentang Metode Pemilihan Alternatif dan Analisa Statistik disampaikan oleh Kaprodi S1 Teknik Manajemen Industri, Letkol Laut (KH) Dr. Joko Purnomo, S.Si., M.T., serta Kabagmat STTAL, Letkol Laut (T) Dr. Ayip Rivai Prabowo, S.T., M.T.

Dalam amanatnya Asrena Kasad yang dibacakan oleh Waasrena Kasad, menyampaikan bahwa Pembekalan ini merupakan langkah awal dalam rangka memberikan pemahaman tentang Analisa Sistem Riset Operasi di Lingkungan TNI AD.

“Analisa Sistem Riset Operasi merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan melalui riset dalam pemecahan masalah militer. Riset Operasi bertujuan untuk mencapai titik optimal dalam pemecahan masalah dengan cara menyusun model dari permasalahan tersebut dihadapkan sumber daya yang terbatas”, jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan juga bahwa kegiatan ASRO antara lain tentang bagaimana menangani sistem dan strategi riset operasi di berbagai bidang khususnya bidang pertahanan, manajemen logistik dan analisis kebijakan pertahanan. Adapun permasalahan yang dapat dipecahkan menggunakan ASRO yaitu maksimasi, minimasi, penugasan, transportasi, forecasting, distribusi dan lain – lain.

Untuk itu, sebagai upaya untuk meningkatkan peran Analisa Sistem Riset Operasi di lingkungan TNI AD, Srenaad berkoordinasi dengan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) untuk memberikan materi pada kegiatan pembekalan ini.

“Harapan terkait pelaksanaan pembekalan ini yaitu terwujudnya kesamaan pemahaman, diperolehnya referensi, ilmu pengetahuan dan wawasan tentang ASRO di lingkungan TNI AD serta terjalinnya kerja sama antara TNI AD dengan STTAL”, tegasnya.

Kegiatan Pembekalan dengan menghadirkan Nara sumber dari STTAL kali ini sangat mendapatkan apresiasi dan antusiasme dari para peserta, hal ini bisa dilihat dari banyaknya peserta yang bertanya/sharing pada saat sesi tanya jawab yang disampaikan kepada para Nara Sumber.

Hadir dalam kegiatan ini, Paban III/Litbangasro TNI AD , Srena Mabes TNI AL serta Pejabat Pabandya Anev Staf Umum TNI AD dengan tetap laksanakan Protokol Kesehatan.

(Pen/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *