Gunakan Kapal Perang, Siswa Satdik Jajaran Kodiklatal Siap Ikuti Pekan Integrasi

by Agustus 11, 2022

 

PI – Surabaya, 10 Agustus 2022, Dalam rangka mengikuti Pekan Integrasi Siswa dengan menggunakan dua kapal perang Republik Indonesia, siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) PK TNI AL Angkatan XLII TA 2022 yang berada di bawah Satuan Pendidikan (Satdik) 1, 2 dan 3 jajaran Kodiklatal telah tiba di Dermaga Madura, Koarmada II, Surabaya, Rabu (10/8).

Kedatangan para siswa dari Sorong, Makassar dan Tanjung Uban menggunakan KRI Semarang-594 dan KRI Teluk Weda-526 ini disambut prajurit dan siswa yang sedang menempuh pendidikan di Kodiklatal dipimpin Komandan Pusdiklek Kolonel Laut (E) Dendy Chandra Tambunan, selaku Ketua Panitia Pekan Integrasi Siswa mewakili Komandan Kodiklatal Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono.

Penyambutan para siswa yang baru saja dilantik dan disumpah secara resmi menjadi prajurit TNI AL ini dengan lagu-lagu mars yang bersemangat yang dibawakan satu peleton Korsik siswa Kodiklatal.

Kedatangan para siswa tersebut di Kota Pahlawan adalah dalam rangka mengikuti Pekan Integrasi Siswa Satdik-Satdik jajaran Kodiklatal, yang melibatkan siswa dari Satdik-1 yang bermarkas di Tanjung Uban, Satdik-2 bermarkas di Makassar, dan Satdik-3 bermarkas di Sorong. Pekan integrasi siswa rencananya akan digelar dari tanggal 11 hingga 17 Agustus 2022 mendatang. Adapun jumlah keseluruhan siswa sebanyak 749 orang yang terdiri dari Siswa Satdik-1 berjumlah 249 orang, Satdik-2 250 orang dan Satdik-3 250 orang. Para siswa ini terdiri dari program Dikmaba dan Dikamta.

Terkait pelaksanaan Pekan Integrasi Siswa Satdik-Satdik Kodiklatal, Danpusdiklek menyampaikan bahwa gelaran tersebut bertujuan mengenalkan PDD Khas TNI AL di KRI, peralatan yang ada di KRI, Prosedur Penyelamatan Kapal yang nantinya akan dihadapi para siswa Satdik saat penugasan di KRI. Kemudian mengenalkan Kotama –Kotama TNI AL yang ada di Surabaya sebagai Pangkalan TNI AL terbesar di Indonesia, serta menumbuhkan jiwa korsa sebagai satu angkatan Dikmaba PK dan Dikmata PK TNI AL Angkatan ke XLII TA 2022.

Lebih lanjut Kolonel Dendy mengatakan selama mengikuti Pekan Integrasi, siswa akan diajak mengunjungi dan mengenal lebih dekat Kodiklatal, dan juga kotama TNI AL lainnya seperti Koarmada II, Puspenerbal, dan Pasmar-2. Untuk Kodiklatal sendiri ada empat lokasi yang dituju yakni, Kodikdukum, Kodikopsla, Puslatdiksarmil, dan Kodikmar.

(Pen/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.