MARINIR AJARKAN INSAN MEDIA TENTANG SAFETY MENEMBAK PISTOL

by Oktober 26, 2021

P.I – Sorong, Sejumlah insan media baik cetak maupun elektronik wilayah Sorong Raya dengan penuh antusias mengikuti kegiatan lomba menembak pistol antar sesama insan media yang digelar dalam rangka Press Gathering bersama Pejabat Utama Pasmar 3, bertempat di lapangan tembak pistol Kesatrian Agoes Soebekti Markas Komando Pasmar 3 Jl. Sorong-Klamono Km.16, Distrik Klaurung, Kota Sorong, Papua Barat. Selasa (26/10/2021).

Dibawah Pimpinan Penembakan (Pimbak) Letda Mar Fernando yang kesehariannya menjabat sebagai Perwira Staf Logistik (Pasilog) Yontaifib 3 Marinir, sebanyak 20 insan media yang hadir dikelompokkan menjadi 4 gelombang, dimana dalam setiap gelombang terdiri dari 5 peserta yang didampingi oleh pengawas lajur.

Pada kesempatan itu, Pimbak menjelaskan tentang safety penggunaan senjata pistol, dengan materi pengenalan jenis senjata yang akan digunakan, karakteristik senjata, cara pemegangan senjata yang baik dan benar, sikap dalam menembak, cara membuat gambar bidik dan meluruskan pisir depan dengan pejera serta mengatur nafas pada saat menembak. Sebelum tembakan percobaan dimulai, para peserta melaksanakan latihan penggunaan senjata (drill kering), tujuannya agar para peserta dapat membuat gambar bidik tepat pada sasaran yang akan ditembak.

Dalam pelaksanaannya, setiap peserta dibekali amonisi untuk tembakan percobaan maupun tembakan pelaksanaan, dimana dalam pelaksanaan menembak para peserta diberi waktu 3 menit, dan setiap butir amonisi yang berhasil mengenai sasaran akan diberikan penilaian.

Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto, S.E menjelaskan bahwa dengan menguasai cara menggunakan senjata maka setiap insan media dapat memahami tentang safety dalam menggunakan senjata api jenis pistol.

Dalam penilaian akhir lomba tembak pistol perorangan insan media, berhasil meraih nilai tertinggi adalah Yakob Somampouw dari Pelopor Wiratama dan merebut piala Juara 1, sedangkan Juara 2 diraih oleh Tupono dari Radar Sorong dan Juara 3 diraih oleh Muhammad Andri dari TVRI Sorong.

Dalam suasana penuh keakraban tersebut, Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto, S.E menyampaikan bahwa acara lomba menembak insan media Sorong Raya ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara wartawan dengan TNI AL Korps Marinir dalam hal ini Pasmar 3.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wadan Pasmar 3 Kolonel Mar Agung Trisnanto, para Asisten Danpasmar 3, para Dankolak/Satlak Pasmar 3 dan para Pimpinan media Sorong Raya.

(Pen/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.