Meriahkan Peringatan HUT Ke-17, Pasmar 1 Gelar Lomba Triathlon

by Februari 9, 2021

PARADIGMAINDONESIA – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-17, Pasmar 1 menggelar perlombaan Triathlon yang diikuti oleh seluruh satuan setingkat Batalyon yang diawali oleh Upacara pembukaan, bertempat di depan Monumen Yasa Wira Perkasa Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (09/02/2021).

 

Komandan Pasmar 1 (Danpasmar 1) Brigjen TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M., yang pada kesempatan ini diwakili oleh Wakil Komandan (Wadan) Pasmar 1 Kolonel Marinir Sugianto, S.Sos.,  membuka perlombaan Triathlon ini.

 

Triathlon sendiri merupakan sebuah kompetisi yang menggabungkan 3 macam perlombaan yang dilakukan secara berkesinambungan dalam satu kesatuan waktu. Berbeda dengan Triathlon pada umumnya, pada Triathlon Pasmar 1 ini Aspers Danpasmar 1 Kolonel Marinir A.R.H. Anggorojati, S.E., selaku Ketua Panitia perlombaan memodifikasi cabang olahraga yang dipertandingkan dengan mengganti cabang balap sepeda dengan menembak dan cabang lari diganti dengan Cross Country sesuai dengan kemampuan militer.

 

Materi perlombaan Triathlon kali ini meliputi Croos Country (CC), Renang Militer 50 meter, dan Menembak senapan jarak 100 meter, urutan perlombaan diawali dengan start di depan monumen Yasa Wira Perkasa, dilanjutkan renang militer di kolam renang Kopda Marinir (Anm) Susandi, menembak senapan jarak 100 meter di lapangan tembak Jusman Puger, dan lari Cross Country menggunakan perlengkapan tempur yaitu pakaian dinas lapangan (PDL), helm tempur dan senjata organik sejauh 6 Km mengitari Kesatrian Marinir Hartono dan diakhiri finish di depan monumen Yasa Wira Perkasa. Masing-masing tim Triathlon Satlak diperkuat sebanyak 5 prajurit yang terdiri dari 1 Perwira Pertama (Pama), 1 Bintara dan 3 Tamtama.

 

“Perlombaan ini memiliki arti penting bagi pembinaan prajurit maupun satuan karena mengakomodir beberapa bagian antara lain memberikan wadah untuk dijadikan tolak ukur kemampuan serta profesionalisme serta untuk mencari bibit prajurit Pasmar 1 yang berbakat dalam cabang lomba Triathlon,” ujar Danpasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M., yang disampaikan oleh Wadan Pasmar 1 Kolonel Marinir Sugianto, S.Sos.

 

Adapun penekanan yang disampaikan Kolonel Marinir Sugianto, S.Sos., pada perlombaan ini agar seluruh peserta lomba menjunjung tinggi sportifitas, “Berikan prestasi yang terbaik untuk menjunjung nama satuan masing-masing, hindari kegiatan yang dapat merusak nama peserta lomba Triathlon Pasmar 1, utamakan keselamatan dalam menjalankan kegiatan lomba, dan yang tidak kalah penting adalah tetap patuhi protokol kesehatan dalam segala kegiatan lomba Triathlon ini,” pungkasnya.

 

Hadir pada kesempatan ini para Asisten Danpasmar 1, para Dankolak Pasmar 1 atau yang mewakili, serta para Dansatlak Pasmar 1.(penpasmar1/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *