Peringati Peristiwa Lengkong, Menhan Ziarah ke TMP Taruna

by Januari 27, 2022

Jakarta,mediakorannusantara.com Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI), Prabowo Subianto, memimpin Upacara Ziarah Hari Bakti Taruna ke-76 Tahun 2022, dengan melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Taruna, Tangerang, Rabu (26/1/2022).

Upacara ini digelar sebagai penghormatan kepada para pahlawan kusuma bangsa yang telah mempersembahkan jiwa dan raga untuk kemerdekaan, kedaulatan, dan kehormatan bangsa Indonesia.

“Ini sudah menjadi acara berkala tiap tahun. Kita menghormati para pahlawan yang telah gugur. Tentunya di seluruh Indonesia banyak peristiwa, banyak pengorbanan. Ini mengingatkan kita bahwa kemerdekaan kita itu bukanlah hadiah,” kata Menhan Prabowo.

Peristiwa Pertempuran Lengkong terjadi pada 25 Januari 1946, dipimpin oleh Mayor Daan Mogot. Bersama pasukannya, ia melucuti senjata pasukan Jepang di markas tentara Jepang di Desa Lengkong, Tangerang. Dari peristiwa ini, sebanyak 33 Taruna Akademi Militer Tangerang dan 3 perwira termasuk Daan Mogot gugur dalam peperangan.

“Perjuangan yang sangat panjang, pengorbanan dari seluruh rakyat. Khususnya di sini yang berkesan adalah, pengorbanan para pejuang dan perwira yang gugur masih muda usia salah satunya Mayor Daan Mogot, karenanya ini merupakan bagian dari pewarisan nilai-nilai untuk generasi muda,” tegas Menhan Prabowo dikutif melalui laman resmi Kemhan.

Turut hadir dalam Upacara Ziarah Peringatan ke-76 Hari Bakti Taruna Tahun 2022 keluarga para pejuang, Wamenhan RI, Sekjen Kemhan, Irjen Kemhan, Rektor Universitas Pertahanan, Pangdam Jaya, Perwakilan dari Kapolda Banten, Perwakilan dari Gubernur Banten, Gubernur Akmil, dan Walikota Tangerang.(wan/inf/yat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.