Pesawat Patroli TNI AL P-8302 Laksanakan SAR Perahu yang Ditumpangi 5 Personel Polres Biak Terbalik

by Desember 4, 2021

Sorong, 4 Desember 2021,Pasawat udara TNI Angkatan Laut CN-235 P-8302, BKO (Bawa Kendali Operasi) Gugus Keamanan Laut Komando Armada III yang sedang operasi patroli sektor “Gurita Sakti-21” Tahap IV melaksanakan pencarian terhadap lima personel Polres Biak Numfor yang mengalami musibah perahu terbalik karena cuaca buruk di perairan Padaido, Distrik Aimando, Biak Numfor, Kamis (2/12/2021).

Sebelumnya, Komandan Guskamla Koarmada III Laksamana Pertama TNI Singih Sugiarto, ST, M.Si menerima laporan dari Komandan Pangkalan Udara TNI AL Biak, Kolonel Laut (KH) Dr. Martinus DAW, S.S,S.H,M.A.P., tentang permintaan bantuan SAR dari Kepala Kantor SAR Biak untuk operasi pencarian terhadap personel Polres Biak yang mengalami musibah di perairan Padaido.

Atas persetujuan Komandan Guskamla Koarmada III, Pilot P-8302 Kapten Laut (P) Wisnu. A., mendarat di Bandara Frans Kaisiepo Biak. Setibanya di Apron MMF Aircrew berkoordinasi teknis dengan Komandan Pangkalan Udara TNI AL Biak, Kolonel Laut (KH) Dr. Martinus DAW, S.S,S.H,M.A.P., tentang pelaksanaan SAR tersebut.

Kronologis peristiwa bahwa pada tanggal 1 Desember 2021, lima personel Polres Biak Numfor melaksanakan tugas pengamanan di kepulauan Aimando. Sehari setelah itu, sejumlah personel Polres Biak Numfor kembali ke Biak menggunakan speed Polres. Pada tanggal 2 Desmber 2021, mereka melakukan pelayaran melalui rute perairan Pulau Pariki.

Pada mulanya cuaca pagi cerah dan tiba-tiba berubah gelap dan gelombang tinggi hingga perahu yang ditumpangi kelima polisi tersebut tenggelam. Kelima Polisi Polres tersebut menyelamatkan diri dengan peralatan seadanya. Tiga personel berhasil menepi di Pulau Pai. Sedangkan dua rekan lainnya belum ditemukan pada hari itu (2/12/2021). Keesokan harinya, satu Polisi ditemukan nelayan dan diselamatkan di Biak. sedangkan Ipda Nurdin belum ditemukan.

Atas dasar itu, Kepala Kantor SAR Biak melaksanakan koordinasi dengan Danlanudal Biak untuk permintaan bantuan pencarian dari udara. Koordinasi dilaksanakan Danlanudal Biak kepada Danguskamla selaku pengendali BKO Pesud CN-235 yang ada di Sorong.

Selanjutnya Danguskamla mengarahkan untuk mendukung pencarian dengan menggunakan Pesud BKO Guskamla Koarmada III tersebut. Pesud CN-235 P-8302 yang dipimpin Kapten Laut (P) Wisnu. A., melaksanakan persiapan dan menerima briefing dari Danlanudal Biak selaku pimpinan pencarian melalui udara. Bersama Kepala Kantor SAR Biak tim mernerima arahan terkait cuaca, daerah sasaran pencarian dan arus, gelombang, angin yang terjadi di perairan selatan Biak.

Pada pukul 16.45 Wit dilaksanakan pencarian menggunakan CN-235 P-8302 dan pola pencarian yang aman. Cuaca di atas perairan selatan Biak dalam kondisi cerah, sehingga memudahkan pencarian secara visual. Pada pukul 17.40 Wit, seluruh personel Polres Biak Numfor ditemukan dalam keadaan selama. Selanjutnya, Pesud TNI AL P-8302 melanjutkan operasi “Gurita Sakti-21” Tahap IV.
(Pen/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.