Rapat Koordimasi Pencegahan Konflik Antara TNI dan POLRI

by Juni 21, 2022

Paradigmaindonesia – Jakarta (21/06/22) Wakil Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Wadanpuspomal) yang didampingi Direktur Pembinaan Penegakan Hukum (Dirbingakkum) Puspomal Kolonel Laut (PM) Julkiply Pane, S.H., M.H., M.Tr.Hanla mengikuti rapat koordinasi (Rakor) tentang penelitian pencegahan konflik antara TNI dan Polri sehingga kedepannya kedua institusi tersebut menjadi semakin solid lagi, yang bertempat di ruang Rapat Biro Provos Divpropam Mabes Polri, Jl. Truno Joyo Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Selasa, 21 Juni 2022.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisisa motif penyebab terjadinya konflik antara TNI dengan Polri serta merumuskan solusi potensial yang tepat untuk mengurangi konflik antar kedua belah pihak tersebut. Penelitian ini menggunakan Mix Method (Qualitative dan Quantitative Method) dimana pengumpulan data primer dilakukan dengan dua metode, yaitu Focus Group Discussion (FGD) dan Survey di lapangan. FGD dilaksanakan sebanyak dua kali (sebelum dan setelah survey) dengan melibatkan sejumlah pejabat tinggi TNI-Polri dan akademisi serta LSM selaku narasumber.

Dalam Rakor tersebut hadir langsung Dr. Try Handhika, S.Si selaku peneliti terhadap Konflik yang terjadi di lingkungan TNI dan Polri, menyampaikan bahwa konflik tersebut kebanyakan berawal dari ketidaksepahaman antar kedua belah pihak dan apabila tidak diselesaikan dengan benar, maka hal ini akan membentuk siklus konflik yang dapat terjadi dalam jangka panjang, beliau berharap agar masing-masing instansi lebih sering lagi berinteraksi, merubah persepsi prasangka buruk antar instansi serta diharapkan setiap anggota untuk saling kooperatif dan bersinergi dalam melaksanakan di lapangan.

Masing masing perwakilan Instansi penegak hukum mulai dari Pom TNI, Pom TNI AD, Pom TNI AL, Pom TNI AU dan Propam Polri sangat mendukung penuh pelaksanaan penelitian ini dan akan terus mencari solusi dalam mengatasi setiap permasalahan konflik yang terjadi antara TNI dan Polri sehingga kedepannya Sinergitas antar kedua instansi tersebut menjadi semakin kuat dan profesional,

(Pen/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.