Ribuan Personel Kodiklatal Peringati HUT Ke-77 TNI AL

by September 12, 2022

PI – Surabaya, 12 September 2022, Ribuan personel jajaran Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) yang terdiri dari prajurit, PNS, dan siswa dengan khidmat mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 TNI AL tahun 2022, yang dipimpin langsung Komandan Kodiklatal Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono, Senin (12/9).

Upacara peringatan HUT ke-77 TNI AL yang dilaksanakan di Lapangan Laut Maluku Ksatrian Kodiklatal Bumimoro tersebut, diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, mengheningkan cipta dipimpin Inspektur Upacara dan pengucapan Sapta Marga oleh Sertu Pom Bejo Nugroho. Sementara itu, Komandan Upacara pada peringatan ini Letkol Laut (PM) Muchsin Wibowo.

HUT ke-77 TNI AL di Kodiklatal dihadiri oleh Wadan Kodiklatal Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi, para pejabat utama dan Direktur Kodiklatal, Komandan Kodik jajaran Kodiklatal, pengurus Gabungan Jalasenastri Kodiklatal, serta Warakawuri dan anggota PPAL Surabaya.

Sebagai wujud rasa syukur, Kodiklatal menggelar sesi Ramah Tamah setelah pelaksanaan upacara. Sesi tersebut diisi dengan penyerahan tali asih oleh Komandan Kodiklatal dan Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal,Ny. Etta Suhartono kepada anak-anak yatim, dan Warakawuri Kodiklatal. Bentuk rasa syukur lainnya juga diwujudkan melalui pemotongan tumpeng oleh Komandan Kodiklatal didampingi Ny. Etta Suhartono yang diberikan kepada Serda Ayu sebagai prajurit termuda yang berdinas di Kodiklatal.

Selanjutnya seluruh prajurit, PNS, siswa dan juga tamu undangan berkesempatan menikmati beragam menu makanan yang telah disiapkan di depan gedung Pusdikbanmin, sambil dihibur oleh penampilan grup Campur Sari Tirto Gumilar.

Menurut Letjen Marinir Suhartono, Kodiklatal menggelar peringatan HUT ke-77 TNI AL secara sederhana sesuai dengan arahan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono berdasarkan pertimbangan situasi saat ini yang dialami TNI AL. “Sesuai dengan arahan Kasal, dilaksanakan di masing-masing kotama dengan sederhana mengingat berbagai macam pertimbangan situasi saat ini khususnya di TNI Angkatan Laut. Namun demikian dari Kasal menekankan kedepan TNI AL harus profesional, modern dan tangguh yang terkait dengan pembangunan SDM, Alutsista, Infrastruktur dan kesejahteraan prajurit,” terang Dankodiklatal.

Sementara itu, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam amanatnya yang dibacakan Komandan Kodiklatal, menyampaikan bahwa rentang waktu 77 tahun sejak 10 September 1945 sampai dengan 10 September 2022, TNI AL selalu hadir dalam setiap upaya menjaga kedaulatan dan mempertahankan keutuhan NKRI.

Mulai dari pendaratan Pasukan-M di selat Bali, pertempuran Laut Aru, hingga pertempuran di Laut Cirebon, merupakan fakta sejarah pengabdian TNI AL kepada Negara. Bahkan ketika KM Sinar Kudus yang dibajak di Somalia, TNI AL berlayar ribuan mil menuju teluk Aden untuk membebaskan para sandera. Begitu juga ketika bangsa sedang dilanda wabah Covid-19, TNI AL bergerak diseluruh penjuru negeri ikut mengatasi pandemi.

Lebih lanjut Kasal menambahkan, ke depan tantangan yang dihadapi bangsa ini tidak akan semakin mudah. Indonesia membutuhkan sumber daya manusia, prajurit yang menguasai keterampilan, ilmu pengetahuan dan teknologi, sekaligus berbudi pekerti luhur dan berkarakter kuat. Untuk itu,TNI AL selalu berupaya meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dalam bentuk profesionalisme prajurit untuk menyiapkan para pengawak kekuatan angkatan laut ke depan. Karena tuntutan akan keunggulan sumber daya manusia ini adalah sesuatu yang tidak bisa ditawar-tawar.

(Pen/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.